Banjir Mulai Merambah Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan

DAPUR umum menjadi kebutuhan mendesak saat banjir menerjang di beberapa wilayah di Balangan.| foto : martino

PARINGIN - Kondisi terkini banjir di Kabupaten Balangan, Senin (29/11/2021), untuk beberapa desa sudah mengalami surut seperti wilayah Halong, Tebing Tinggi dan Awayan. 

Adapun daerah yang masih terendam, yaitu di Juai dan Buntu Karau di Kecamatan Juai serta masih perlu penanganan darurat. 

Plt Kepala BPBD Balangan, H Rahmi mengatakan, selain di Juai banjir saat ini juga merambah ke Kecamatan Paringin Selatan, tepatnya di Murung Abuin dan Baruh. 

Kemudian di Paringin air mulai menggenangi Batupiring, Layap, Hujan Mas dan Teluk Keramat. 

"Air juga sudah menggenangi sebagian jalan utama sehingga akses bisa dikatakan sulit untuk dilewati," ujarnya. 

Melihat kondisi demikian, lanjut H Rahmi, Pemerintah Kabupaten Balangan langsung menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana yang akan berlaku selama 14 hari ke depan. 

Kemudian untuk saat ini yang sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh masyarakat adalah dapur umum, nantinya setiap SKPD ikut berperan aktif untuk menjalankan dapur umum yang akan dibangun di tiap kecamatan. 

"Kepada warga yang tidak terdampak juga kami harapkan bisa membantu warga yang terdampak terutama dalam hal evakuasi dan dapur umum, untuk logistik kami upayakan semaksimal mungkin tersalurkan dengan merata," ujarnya. 

Terkait personel dan perlengkapan meski terbatas, penanganan bencana banjir akan terus dilakukan dengan maksimal bersama instansi terkait, relawan dan masyarakat agar warga yang terdampak banjir dapat terbantu.[martino]