Lima Sekolah di Balangan Dapat Akreditasi Perpustakaan Sekolah

AKREDITASI Perpustakaan Sekolah merupakan bentuk penghargaan serta kepercayaan dari pemerintah pusat terhadap keberadaan perpustakaan sekolah di daerah.| foto : martino

PARINGIN - Di tahun 2021, Kabupaten Balangan mendapatkan Akreditasi Perpustakaan Sekolah sebanyak lima sekolah dari Perpustakaan Republik Indonesia. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, Thamrin, Rabu (24/11/2021). 

Penyerahan pertama Akreditasi Perpustakaan Sekolah berupa sertifikat dilaksanakan di SDN Jimamun Kecamatan Lampihong. 

Thamrin, Kamis (25/11/2021) mengatakan, ada dua sekolah yang akan menerima sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah, yaitu MIN Layap Paringin dan MTs Paringin. 

"Kemudian hari Jumat (26/11/2021) ada dua sekolah lagi, yaitu SDN Paringin 2 dan SDN Muara Pitap," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikannya, Akreditasi Perpustakaan Sekolah ini adalah sebagai bentuk penghargaan serta kepercayaan dari pemerintah pusat terhadap keberadaan perpustakaan sekolah di Balangan. 

Yaitu terhadap penataan kelolaan baik dari sisi fisiknya maupun pengelolaan perpustakaan itu sendiri. 

"Empat indikator harus ada dalam pengelolaan ini, yang pertama; bertambahnya anggota perpustakaan, kedua; semakin meningkatnya kunjungan, ketiga; semakin bertambahnya koleksi buku, serta keempat; infrastruktur," jelasnya. 

Menurutnya, lima sekolah yang mendapatkan Akreditasi Perpustakaan Sekolah sudah memenuhi indikator tersebut, harapannya selangkah demi selangkah perpustakaan sekolah di Kabupaten Balangan sudah memenuhi standar. 

"Kami berharap keberadaan perpustakaan tidak hanya fisik yang ditingkatkan, terlebih warga sekolah semakin memanfaatkan keberadaan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca," katanya. 

Masih menurutnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan selalu siap untuk membantu serta mendampingi perpustakaan sekolah agar keberadaannya semakin baik dan meningkat seperti nantinya ada bantuan koleksi buku sampai dengan pengelolaannya. 

"Kami berharap melalui akreditasi perpustakaan sekolah ini juga bisa merambah kesekolah lainnya, artinya mencontoh dengan sekolah yang sudah mendapatkan akreditasi dengan bertahap dan skala prioritas bagi perpustakaan sekolah yang mampu," pungkasnya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar