Radith, Atlet Sebelas Tahun Ini Dipersiapkan Ikasi Balangan

REGENERASI mulai dilakukan sejak dini oleh Ikasi Balangan. Radith kini dijadikan potensi masa depan untuk berprestasi di berbagai event nasional.| foto : martino

PARINGIN - Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Balangan mulai menyiapkan atlet muda untuk diturunkan ke kejuaraan lokal maupun nasional.

Satu di antaranya Muhammad Radith Al Murtadha. Atlet anggar yang akrab dipanggil Radith ini masih berumur 11 tahun dan merupakan atlet termuda yang dimiliki Ikasi Balangan, Kalimantan Selatan.

Ia terbilang sebagai pendatang baru di dunia anggar Kalsel. Radith baru mengenal anggar sejak 1 bulan lalu atau bulan Oktober lalu. Radith langsung bergabung dengan kawan-kawan yang lebih senior dari segi umur.

"Radit akan dipersiapkan untuk ajang Kejurprov kelas kadet dan junior, karena umurnya masih sangat muda, jadi bisa mengikuti dua kelas kelompok umur," terang M. Faisal, Pelatih Ikasi Balangan, Jumat (26/11/2021).

Pada Kejurprov yang juga diikuti oleh Ikasi Balangan, Radit harus memulai langkah pada babak kualifikasi yang begitu berat, karena bergabung dengan para atlet yang sudah malang melintang di setiap event anggar di Kalsel.

Kendati demikian, hal tersebut tidak membuat nyali Radith ciut menghadapi lawannya. Ini dibuktikan Radith dengan hasil 2 kali menang, sehingga lolos pada babak 32 besar. 

Namun di babak tersebut, Radith kembali mendapat hadangan berat dari unggulan pertama dan membuat langkah Radith pun terhenti.

Ayah Radith saat ditemui usai pertandingan cukup terharu dan juga bangga melihat perjuangan anak pertamanya di arena pertandingan sebesar ini, sembari memeluk putra kesayangannya.

"Saya atas nama pribadi juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus anggar balangan yang telah bersedia menerima anaknya menjadi atlet anggar," ucapnya sambil meneteskan air mata.

Untuk diketahui pada Kejurprov yang baru saja mereka ikuti itu merupakan kali kedua mereka ikuti. Untuk Kejurprov yang pertama pihaknya hanya bisa memberangkatkan tiga atlet dan mendapatkan satu medali perunggu.

Untuk event yang kedua ini, Ikasi Balangan dapat memberangkatkan sebanyak 16 atlet dan memperoleh dua medali perunggu melalui nomor sabel putra perorangan dan nomor sabel beregu putra.

"Kedua medali itu dipersembahkan oleh remaja asal Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi atas nama Ripansah pada nomor pertandingan Sabel Perorangan Putra," imbuh M. Ripani, Ketua Ikasi Balangan.

Tak berhenti pada satu kesempatan, Ripansah kembali merebut medali Perunggu pada kategori sabel beregu putra bersama tiga rekannya, yakni Suhaimi, Yogi Prasetya, Rahmat di hari berikutnya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar