Serahkan Bantuan Rp100 Juta, UPZ Bank Kalsel Bantu Warga Terdampak Banjir HST

MUSIBAH banjir melanda masyarakat Kalimantan Selatan dan menggenangi beberapa kabupaten dan kota.| foto : bank kalsel

DI PENGUJUNG tahun 2021, kembali beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan dilanda banjir, di mana kabupaten Hulu Sungai Tengah tergolong mengalami dampak yang paling parah. 

Melihat kondisi tersebut, Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ)-nya menyalurkan bantuan dana untuk korban terdampak banjir di Hulu Sungai Tengah sebesar Rp100 juta. 

Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Bank Kalsel di bidang sosial dan kemanusiaan. 

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Komisaris Independen Bank Kalsel, Syahrituah Siregar didampingi Direktur Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra kepada Aulia Oktafiandi selaku Bupati Hulu Sungai Tengah (HST). 

Penyerahan disaksikan Pj. Sekretaris Daerah HST, Muhammad Yani beserta Kepala Divisi Corporate Secretary Bank Kalsel, Suriadi; dan Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Barabai, Aly Rizqan yang berlangsung di Stadion Murakata Barabai sebagai posko induk penanganan banjir HST, Rabu (30/11/2021).

Di samping menjelaskan kondisi banjir terkini, Bupati Hulu Sungai Tengah Aulia Oktafiandi juga mengapresiasi kepedulian Bank Kalsel atas musibah banjir ini.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel telah memberikan bantuan melalui UPZ Bank Kalsel sebesar Rp100 juta. Tentunya kami bersama Dinas Sosial akan menyalurkan bantuan ini secara langsung terutama kepada warga yang akan terdampak aliran banjir ini,” jelas Aulia.

Direktur Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra menyampaikan rasa belasungkawa atas musibah banjir yang melanda masyarakat Hulu Sungai Tengah.

“Kami Bank Kalsel turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa masyarakat Hulu Sungai Tengah. Bantuan ini kami serahkan sebagai bentuk kepedulian Bank Kalsel sebagai bank asli urang banua,” ucap Fatrya.

Lebih lanjut Fatrya menjelaskan bahwa bantuan UPZ Bank Kalsel ini berasal dari dana yang dihimpun dari pemotongan zakat, infaq maupun sedekah dari gaji pegawai Bank Kalsel yang telah disisihkan untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuan UPZ Bank Kalsel ini sebagai perwujudan kepedulian seluruh pegawai Bank Kalsel. Dana bantuan ini berasal dari potongan zakat sebesar 2,5% dari gaji setiap pegawai Bank Kalsel setiap bulannya. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat HST yang terdampak banjir,” pungkas Fatrya.

Sebagai informasi, Bank Kalsel melalui UPZnya sendiri telah bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalsel untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial, keagamaan serta kemanusiaan di Kalimantan Selatan. 

Bagi yang ingin turut serta membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dapat menyalurkan donasi melalui nomor rekening Bank Kalsel Syariah : 901.03.05.00777.7 atas nama UPZ Bank Kalsel.[adv]