Ambruk, Pembangunan Dermaga Feri di Desa Pangkoh Hulu Rp10 Miliar Lebih

DETIK-DETIK ambruknya Dermaga penyeberangan Palambahen - Pangkoh.| foto : manan

PULANG PISAU - Bangunan dermaga penyeberangan Palambahen - Pangkoh di wilayah Desa Pangkoh Hulu, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), ambruk alis roboh. 

Diketahui, peristiwa ambruknya jembatan tersebut terjadi pada Minggu (23/1/2022) sekitar pukul 13.30 WIB. 

Informasi dihimpun sejumlah awak media, Senin (24/1/2022). Proyek pembangunan dermaga dalam rangka mendukung program Food Estate itu, dikerjakan PT Gelora Megah Sejahtera (PT GMS) Pusat Jakarta.

Berdasarkan nilai kontrak yang terpampang di papan proyek pembangunan tersebut dana sebesar 10 miliar rupiah lebih, tepatnya Rp10.658.636.000.

Dari keterangan salah seorang warga Kecamatan Pandih Batu, Sadiyo menyebutkan, proyek tersebut dikerjakan selama 143 hari kalender. 

"Itu berdasarkan waktu pelaksanaannya. Sedangkan untuk pelaksananya sendiri dikerjakan oleh PT GMS," kata Diyo sapaan akrab pria yang juga berprofesi sebagai jurnalis di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. 

Saat di lokasi ambruknya dermaga, dirinya tidak terlalu banyak mendapatkan informasi. Meski begitu, lanjut Diyo, dirinya mendapati papan proyek pembangunan yang masih terpampang tidak jauh dari lokasi proyek tersebut. 

"Untuk tahun anggarannya di tahun 2021 kemarin. Jadi, harusnya sudah selesai 100 persen. Untuk proyeknya sendiri dari pihak Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah XVI Provinsi Kalteng," tambah Diyo.[manan]