HGN ke-62, Balangan Percepat Pencegahan Stunting dan Obesitas


PARINGIN - Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Balangan mensosialisasikan aksi cegah stunting dan obesitas dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-62 2022, di SMAN 2 Paringin Kabupaten Balangan, Senin (24/1/2022).

Hadir dalam acara Ketua TP. PKK Kabupaten Balangan Sri Huriyati Hadi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Ahmad Sauki, Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) daerah Balangan, Hj Mardiatun, guru dan serta siswi SMA N 2 Paringin.

Di kesempatan ini, Sri Huriyati Hadi menyampaikan, gizi seimbang pada remaja harus memenuhi karbohidrat, protein, dan gizi mikro lainnya perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, biasakan membawa bekal dan air putih dari rumah, batasi mengkonsumsi makanan cepat saji dan hindari merokok.

Lebih lanjut, Ahmad Sauki selaku Plt Kepala Dinkes pada momen ini ingin merayakan dan sekaligus menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya gizi, pentingnya pengetahuan dan peningkatan kesehatan gizi di masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa angka stunting di Kabupaten Balangan cukup tinggi dengan ada nya pesan-pesan gizi dalam hari gizi nasional di Kabupaten Balangan kita berharap ke depannya, angka stunting yang terjadi di Balangan khususnya dan yang terjadi di Kalimantan Selatan bisa kita turunkan, sebenarnya itu adalah bermula dari kurangnya pengetahuan kita tentang gizi, dimana pentingnya gizi bagi anak-anak terutama untuk seribu hari pertama dimasa usianya,” harapnya.

Permasalahan tersebut memiliki dampak buruk bagi generasi, karena sangat memengaruhi pertumbuhan dan kecerdasan mereka sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia pada masa akan datang.

Maya sari, selaku Sub Koordinator Pendekatan Kesehatan Keluarga (Kesga) dan gizi mengimbau kepada anak-anak agar setiap harinya memulai aktivitas dengan sarapan yang dapat memenuhi gizi seimbang serta jangan lupa minum tablet penambah darah setiap minggu perharinya.[martino]