Kejari Balangan Deklarasikan Zona Integritas Menuju WBBM


PARINGIN - Kejaksaan Negeri Balangan berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2022 setelah meraih zona WBK.

Hal itu dilakukan dalam deklarasi pencanangan zona integritas yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Balangan, La Kanna di halaman Kantor Kejari setempat, Kamis (27/1/2022).

Deklarasi pembangunan zona integritas ditandai pembacaan Pakta Integritas yang memuat beberapa komitmen. 

Antara lain tidak melakukan komunikasi yang mengarah pada Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), tidak melakukan praktek KKN, tidak memberikan sesuatu yang berkaitan dengan urusan sertifikat, alat/perangkat telekomunikasi yang dapat dikategorikan sebagai suap/gratifikasi.

Dikatakan La Kanna, beberapa program untuk menuju WBBM seperti pelayanan kepada masyarakat sudah mulai dijalankan. 

Pada program Pidum, yaitu sikapi yang artinya memberikan pelayanan kepada keluarga terdakwa untuk menjenguk di Lapas Amuntai dengan sistem antar jemput.

Begitu juga dengan program lainnya seperti persiapan untuk penyuluhan kepada masyarakat dengan kegiatan jaksa masuk sekolah, Jaksa Sahabat masyarakat dan Jaksa Menyapa.

"Jaksa masuk sekolah ini dibagi dua, ada masuk ke sekolah negeri dan pesantren. Jaksa menyapa itu memberikan informasi kepada masyarakat tentang kepastian hukum, kemanfaatan hukum dan pelayanan hukum, Jaksa sahabat masyarakat yaitu menunggu masyarakat apabila ingin datang untuk konsultasi," jelasnya.

Di akhir La Kanna menambahkan, dalam mewujudkan zona WBBM tersebut, dengan tegas Ia menyatakan bahwa personel dari pihaknya sudah siap untuk melayani masyarakat secara ikhlas, optimal dan maksimal.[martino]