Pemkab Kapuas dan Pemkab Tala Jalin Kerjasama Peningkatan Reformasi Birokrasi

BUPATI Kapuas Ben Brahim menyerahkan surat perjanjian kerjasama kepada Bupati Tanah Laut HM Sukamta.| foto : hmskmfkps

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng menjalin kerjasama peningkatan bidang reformasi birokrasi dengan Pemkab Tanah Laut (Tala) Kalsel.

Perjanjian kerja sama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan atau
Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Bupati Tala, HM Sukamta, di aula Kantor Beppeda, Jalan Tambun Bungai, Senin (21/2/2022).

Kerjasama peningkatan reformasi birokrasi tersebut yakni pemanfaatan aplikasi manajemen aparatur sipil negara (ASN), aplikasi pelayanan dokumen-dokumen dari Disdukcapil dan aplikasi tunjangan penghasilan pegawai (TPP) dari Dinas Kominfo.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor, Sekda Kapuas Septedy, sejumlah kepala perangkat daerah baik dari Pemkab Kapuas maupun Pemkab Tanah Laut.

Bupati Kapuas Ben Brahim mengharapkan 
adanya perjanjian kerjasama tersebut dapat memajukan daerah masing-masing.

“Kita masyarakat Kabupaten Kapuas mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Tanah Laut yang mana kita sudah melakukan kerjasama yang baik dalam segala hal dari masing-masing OPD untuk kemajuan daerah kita masing-masing,” kata Ben Brahim.

Dikatakan Ben Brahim  jalinan kerjasama seperti ini diharapkan juga akan dilakukan dengan kabupaten lainnya sebagai upaya menyiapkan diri sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN). 

Walaupun, menurutnya bukan di daerah ibu kota negara akan tetapi daerah yang ada di Kalimantan akan menjadi penyangga ibu kota negara itu sendiri.

“Niatan kita, bagaimana melayani masyarakat dengan baik, dengan reformasi birokrasi tadi semuanya terlayani dengan cepat, efektif dan efisien sehingga masyarakat terlayani dengan baik,” ungkap Ben.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengatakan bahwa Ia merasa terhormat dapat bekerjasama dalam upaya membangun pemerintahan yang lebih baik lagi.

Kerjasama tersebut sebagai payung besar dalam melakukan kesepahaman bersama lainnya.

“Kita berharap nanti juga bukan hanya dari reformasi birokrasi, tetapi juga dari pengembangan perekonomian sehingga ada perdagangan antar daerah,” ujar HM Sukamta.

Menurut Bupati Tala ini, bahwa perjanjian kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Kapuas ini dalam upaya memajukan daerah wilayah Kalimantan dengan cara selalu bersama-sama saling melengkapi dan saling memaksimalkan potensi yang ada.

“Kami merasa bangga, meletakkan sebuah momentum untuk memajukan dan mempersiapkan diri menjadi penyangga Ibu kota negara baru, MoU ini sangat penting dalam memajukan Kalsel dan Kalteng dan ini memiliki multiplier effect dalam kemajuan bersama dan besar bersama," tutupnya.[tommy]