Perketat Prokes dan segera Vaksin, Kasus Covid-19 di Balangan Alami Kenaikan


PARINGIN - Kondisi terkini perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Balangan saat ini mengalami tren kenaikan.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Balangan, H Rahmi, Rabu (23/2/2022) menyampaikan, kenaikan kasus mulai terasa pada awal bulan Februari tadi hingga hari ini.

"Hal ini perlu kita waspadai karena peningkatan terjadi cukup fluktuatif," ujarnya.

Dari data terbaru lanjutnya, saat ini warga yang terpapar Covid-19 ada 84 orang, yang dirawat di rumah sakit ada 22 orang.

Menurutnya, dalam per hari kasus Covid-19 terkadang naik turun, sementara untuk tingkat kesembuhan mengalami kenaikan.

"Kasus kenaikan covid-19 yang tertinggi saat ini kita alami dalam dua minggu terakhir tepatnya di awal Februari tadi," ungkapnya.

Yang tertinggi pada Kamis yang lalu ada 50 orang yang positif, sampai hari Senin kasus sempat turun, namun pada Selasa kemarin terjadi lagi kenaikan menjadi 51 kasus.

"Perkembangan ini cukup mengkhawatirkan dan kami terus waspada, namun disisi lain tingkat kesembuhan juga bagus," katanya.

Hal tersebut dikarenakan dampak dari vaksinasi yang saat ini semua kalangan di Balangan sudah mencapai 94 persen.

Adapun untuk kasus kematian masih terkendali, namun dalam minggu ini ada 4 kasus kematian.

Ditegaskannya, bahwa dua hal yang terus dan wajib dijalankan guna memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi virus yaitu selalu menggunakan masker dan bervaksin sampai dosis 3.

"Mari kita terus menjaga kesehatan, terutama menjaga dari covid-19, terus perkuat prokes dan segera vaksinasi bagi yang belum," pungkasnya.[martino]