Sinergi, KPH Kusan bersama DLH Buka Wisata Hutan Kota

Sinergi, KPH Kusan bersama DLH Buka Wisata Hutan Kota

SYUKURAN Nature Cafe di lingkungan  KPH Kusan menandai dibukanya destinasi wisata Hutan Kota di Tanbu.| foto : joni

BATULICIN - Satu lagi lokasi wisata yang bisa dinikmati masyarakat, khususnya warga Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Destinasi itu tak lain adalah wisata Hutan Kota yang berada di lingkungan kantor Kantor Kesatuan Pengelolaan (KPH), tepatnya di Jalan 30, Kecamatan Batulicin.

Opening tempat wisata ini ditandai dengan syukuran atas dibukanya Nature Cafe, Senin (14/2/2022). Di lokasi ini, terdapat 4 gazebo. Rencananya jumlah gazebo bakal ditambah yang akan ditempatkan di luar atau tepian jalan. 

Syukuran sekaligus dibukanya Nataru Cafe ini dihadiri langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu, Mahriyadi Noor.

Menurut Mahriyadi, DLH Tanbu dan KPH Kusan bersinergi dalam mengembangkan wisata Hutan Kota KPH ini. Bisa dibilang sinergi ditandai dengan syukuran sekaligus dibukanya Nature Cafe di hutan Kota KPH Kusan ini. 

Mahriyadi mengatakan, di Nature Cafe di Hutan Kota KPH Kusan ini tersedia empat gazebo untuk bisa dinikmati masyarakat yang berkunjung. Tentunya agar bisa bersantai dan menikmati secangkir kopi.

Senada, Plt Kepala KPH Kusan Tanbu, Dewi Wulansari menyebut jika dibukanya Huta Kota ini menandai kerjasama dengan DLH Tanbu dalam mengembangkan potensi wisata.

"Jadi secara resmi usaha bersama yang dimotori oleh teman-teman di KPH Kusan di Tanah Bumbu," imbuhnya.

Kebetulan, lanjutnya, lokasi hutan kota ini dulunya diawali oleh Kehutanan dan kemudian dilanjutkan DLH untuk pengelolanya.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berencana akan mengalihkan gazebo yang ada di luar masuk ke dalam untuk mengantisipasi adanya gangguan kerawanan lingkungan," pungkas Dewi.[joni]


Lebih baru Lebih lama