Abdul Hadi Ingin Balangan Jadi Satu-satunya Daerah Pengekspor Porang di Kalsel

Abdul Hadi Ingin Balangan Jadi Satu-satunya Daerah Pengekspor Porang di Kalsel


BUPATI Balangan, H Abdul Hadi, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Int Aldin Hadi, Kadistan Balangan Ir Tuhalus dan jajaran Forkopimda lainnya menghadiri kegiatan tanam porang di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai. foto: martino

PARINGIN - Bupati Balangan, H Abdul Hadi menargetkan Kabupaten Balangan menjadi satu-satunya daerah pengekspor porang di Kalimantan Selatan.

Keinginan ini dikemukakan orang nomor satu di Bumi Sanggam ini saat mengikuti tanam perdana tanaman porang program POKAR (Porang-Karet) di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kamis (31/3/2022).

“Kemudian target kita yang selanjutnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Balangan melalui tanaman porang. Untuk menjamin keberlanjutan ekspor kita tadi, di samping asosiasi dengan kelompok-kelompok untuk melakukan penanaman porang, kita juga melakukan launching program POKAR,” ujarnya.

Abdul Hadi menyadari beberapa masyarakat di Balangan tidak mempunyai lahan terbuka tapi memiliki kebun karet. 

Oleh karena itu, Bupati meminta mereka melakukan tanam tumpang sari porang dan karet supaya petani-petani yang memiliki kebun karet juga bisa menghasilkan pendapatannya melalui varitas tanaman lainnya dalam hal ini porang.

Pada kesempatan ini, Abdul Hadi juga meminta pihak terkait untuk membantu melakukan pendampingan terhadap petani-petani porang.

“Ini nanti kita minta kawal dari jajaran Polres Balangan sampai ke Bhabinkamtibmas, begitu juga dengan Kodim sampai ke Babinsa untuk mendampingi petani-petani kita supaya program yang kita launchingkan ini benar-benar terkontrol dan didampingi, diawasi sampai kepada tingkat panen dan tingkat penjualan,” tambahnya.

Bupati berharap, program ini dapat menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan.

“Kemarin statistik mengeluarkan angka-angka bahwa angka kemiskinan di Balangan masih tinggi. Ini merupakan salah satu upaya dan langkah pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Bumi Sanggam,” pungkasnya.

Selain bupati, kegiatan tanam porang ini juga diikuti oleh Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Int Aldin Hadi, Kadistan Balangan Ir Tuhalus dan jajaran Forkopimda lainnya.[martino]

Lebih baru Lebih lama