Majukan Pelaku UMKM, Pemkab Tanbu Sediakan Rumah Kemasan

DESAIN kemasan yang menarik menjadi sesuatu yang harus diperhatikan pelaku UMKM.| foto : joni

BATULICIN - Keberadaan Rumah Kemasan sejatinya mampu meningkatkan kualitas produk sekaligus kesejahteraan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pun dengan Rumah Kemasan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Rumah Kemasan di Tanbu sendiri berlokasi di eks Terminal Karang Bintang dan Mantewe, tepatnya tidak jauh dari lampu merah Kecamatan Simpang Empat. Rumah Kemasan ini baru selesai dibangun pada 24 September 2021 lalu.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanbu, H Deny Haryanto, Sabtu (5/3/2022) mengatakan, pembangunan Rumah Kemasan dimaksudkan untuk membantu pelaku UMKM agar hasil produk mereka bisa bersaing dengan produk-produk olahan luar daerah.

Sebut saja, lanjutnya, hasil olahan kerajinan masyarakat seperti membuat kerupuk, amplang, kacang dan sebagainya, di mana kemasannya dirasa masih kurang menarik. Dengan adanya Rumah Kemasan, diharapkan bisa membantu mendesain kemasan agar lebih menarik dan diterima masyarakat luar.

"Jadi dengan adanya Rumah Kemasan ini, pelaku UMKM di Tanah Bumbu bisa kita bantu membuat kemasannya agar lebih menarik konsumen di masyarakat luas," tutup Deny.[joni]