Pastikan Kelancaran Arus Mudik, KSOP Kotabaru-Batulicin Pantau Langsung ke Pelabuhan

ARUS mudik Idul Fitri 1443 H ini dipastikan meningkat dari tahun sebelumnya, mengingat pemerintahan sudah memberikan kelonggaran aturan mudik.| foto : joni

BATULICIN - Pemantauan arus mudik lebaran dilakukan langsung Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto MM di Pelabuhan Samudera, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Rabu (27//4/2022).

Juga ikut dalam pemantauan ini personel Airud Polres Tanbu dan TNI AL Pos Batulicin, pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta Kepala Pelni Cabang Batulicin, Sujidto.

Untuk Rabu ini, penumpang diberangkatkan menuju Surabaya menggunakan kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), KM Binaiya.

Agus mengatakan, pemantauan ini mereka lakukan untuk memastikan kenyamanan penumpang dan angkutan arus mudik lebaran tahun 2022. Karenanya KSOP lebih meningkatkan kesiapsiagaan anggotanya di lapangan.

"Terutama untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang mudik lebaran tahun 2022 ini, sehingga kita harus menambah anggota untuk memastikan ketertiban, kelancaran dan kenyamanan para penumpang dengan proses dibatasi para penumpang," jelasnya.

Menurut Agus, untuk keamanan kapal, sebelumnya pihaknya sudah melaksanakan uji petik terkait kelayakan kapal, sehingga kapal yang berangkat dinyatakan siap beroperasi dalam angkutan lebaran tahun 2022.

"Jadi dalam pemantauan mudik arus lebaran ini, KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin dibantu posko gabungan dan KKP, TNI-Polri serta dari Pelindo," imbuhnya.

Sementara itu, Manajer PT Pelni Cabang Batulicin, Sudjito mengungkapkan, KM Binaiya di Pelabuhan Samudera datang pada pukul 14.30 Wita. Setelah menurunkan penumpang, Rabu ini juga mengangkut penumpang tujuan Surabaya sekira pukul 18.00 Wita.

"Hari ini yang berangkat dalam arus mudik lebaran tahun 2022 ini, sebanyak 970 penumpang dengan tujuan Batulicin-Surabaya," pungkasnya.[joni]