Bakal Berdiri di Kapuas, Ahli Optalmoligi Lakukan Peletakan Batu Pertama Vision Centre

PELETAKAN Batu Pertama pembangunan Vision Centre di Kuala Kapuas.| foto : dinkeskps

KUALA KAPUAS - Pusat pemeriksaan dan pelayanan kesehatan mata terpadu untuk masyarakat, Vision Centre bakal berdiri di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Tak tangung-tanggung, peletakan batu pertama pembangunan Vision Centre dilakukan oleh Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek, SpM (K) penasehat Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) yang juga tokoh nasional ahli mata, di lokasi bakal berdirinya Vision Centre di Jalan Jepang Kuala Kapuas, Kalteng, Sabtu (28/5/2022).

Turut mendampingi acara  peletakan batu pertama itu, Wakil Bupati Kapuas, HM Drs Nafiah Ibnor, Sekda Kapuas Drs Septedy, Plt Kepala Dinkes Kapuas dr Try Setya Utami, Direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo dan dr Lucy Meylani Elizabrth Pakpahan dari Klinik Mata Tambun Bungai Palangkaraya.

Nila Moeloek, mantan Menteri Kesehatan RI 2014 - 2019 tersebut menyebut Vision Centre yang akan dibangun menjadi satu-satunya di wilayah Kalimantan, bahkan jika berdiri hanya ada dua di Indonesia.

"Baru pertama ini dan yang ada di Indonesia pun baru di Nusa Tenggara Barat. Vision Centre ini nanti akan menjadi contoh yang baik. Makanya saya bangga sekali ada di Kabupaten Kapuas, dan sangat mendukung dalam hal ini," Nila Moeloek yang dikenal sebagai tokoh nasional, ahli oftalmologi.

Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor  menyampaikan apresiasi dan terima kasih terkait rencana pembangunan Vision Centre atau semacam pusat layanan kesehatan mata di Kuala Kapuas.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah dan atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih untuk rencana pembangunan Vision Centre di Kabupaten Kapuas," kata  Nafiah.

Ditambahkan Sekda Kapuas, rencana pembangunan vision centre didanai pihak swasta atau pihak ketiga, kendati demkian menurutnya, Pemkab Kapuas tentu siap memberikan dukungan.

"Kita siap mendukung dan men-support," singkatnya.

Vision centre di Kuala Kapuas ini akan dibangun oleh Perdami dan Yayasan Klinik Mata Tambun Bungai.

dr Lucy Meylani Elizabrth Pakpahan dari Klinik Mata Tambun Bungai menyampaikan, lokasi pembangunan Vision Centre di Jalan Jepang, Kuala Kapuas.

"Akan dibangun di atas tanah seluas 965 meter kuadrat. Dengan bangunan permanen luas dan ruangan yang memadai," katanya.

Nantinya vision centre akan dilengkapi ruang pendaftaran registrasi pasien, ruang tunggu pasien, ruang pemeriksaan, area refraksi, area penyimpanan, area fitting kacamata dan area kantor.

"Semoga pembangunan vision center ini menjadi fasilitas perawatan mata di lingkungan masyarakat yang memberikan pelayanan khusus mata sesuai kebutuhan masyarakat secara komprehensif dan disediakan oleh petugas kesehatan yang terampil," katanya. 

Pelayanan Vision center sendiri diproyeksikan untuk pelayanan dalam gedung dan luar gedung, di antaranya pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan dokter spesialis mata kerja sama dengan dokter RSUD setempat, pemeriksaan kacamata, rujukan pasien operasi katarak juga pelayanan luar gedung seperti pelatihan kader sehat mata serta skrining katarak.[adv/tm]