Peringati Hardiknas, Pemkab Balangan akan Luncurkan Kartu Balangan Pintar

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi saat jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan.| foto : martino

PARINGIN - Sektor pendidikan merupakan hal terpenting dalam sistem sosial di masyarakat. Oeh karena itu, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing dan cerdas, harus ada sinergi antara pihak-pihak terkait.

Kabupaten yang mempunyai julukan Bumi Sanggam mengupayakan dengan serius mengenai kemajuan di dunia pendidikan salah satunya dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dengan pelaksanaan Upacara di Halaman Kantor Bupati Balangan, Rabu (18/5/2022). 

Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengungkapkan, pihaknya terus mengupayakan untuk kemajuan Pendidikan di Kabupaten Balangan, salah satunya dengan meluncurkan Program Kartu Balangan Pintar.

"Kami berharap dan kami mengupayakan, Pendidikan di Kabupaten Balangan akan semakin maju, insya Allah akan kita perhatikan sarananya, kemudian tenaga pendidiknya, dan juga murid-muridnya, untuk murid terkait dengan beasiswa bagi yang berprestasi maupun yang tidak mampu, dan insya Allah tahun ini kita akan meluncurkan Kartu Balangan Pintar," ujarnya.

Kemudian menyangkut sarana dan prasarana, orang nomor satu di Balangan ini menerangkan, pihaknya sudah melakukan perbaikan beberapa bangunan sekolah untuk menunjang kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar.

"Kita sudah melakukan rehab beberapa sekolah, saya sudah meminta kepada Dinas Pendidikan, jangan sampai ada sekolah yang tidak layak, pastikan semuanya dalam kondisi layak, demi kemajuan pendidikan Kabupaten Balangan," terangnya.

Ia pun menjelaskan, terkait perhatian Pemerintah Kabupaten Balangan terhadap sekolah di daerah terpencil, agar para siswa dan siswi bisa mengenyam pendidikan yang layak serta memberikan apresiasi berupa tunjangan kepada para tenaga pendidik di daerah pedalaman.

"Untuk sekolah di daerah terpencil, sudah kita perhatikan tenaga pendidik dan Kepala sekolahnya, yakni untuk tunjangan daerah terpencil mereka mendapatkan sekitar 3 kali lipat dari pendapatan guru di daerah luar," ucap Abdul Hadi.

Abdul Hadi berharap dengan pemberian tunjangan ini bisa menambah semangat bagi para Isnan Pendidik, mengingat jarak yang terbilang jauh untuk menjalankan tugasnya.

"Karena kesejahteraan tenaga pendidiknya sudah ditingkatkan, mudah-mudahan ini menambah semangat mereka untuk mendidik anak-anak di daerah terpencil," harapnya.[martino]