Mahasiswa Berperan Penting pada Pembangunan Daerah

WAKIL Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin saat dialog Sinergitas Mahasiswa dan Pemerintah dalam Pembangunan Daerah bersama Wakil Bupati Barito Kuala, M Rahmadiannoor.| foto : istimewa

BANJARMASIN - Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin mengisyaratkan mahasiswa punya kesempatan dan peran penting di tengah pembangunan daerah. 

Bahkan, mahasiswa layak menjadi agent of change atau agen perubahan untuk pembangunan daerah, karena mereka bisa measuk dalam sendi-sendi bermasyarakat.

Dari sana, Ia bisa mempelajari, berkembang dan menjadi pelopor pembangunan, baik itu secara ekonomi, sumber daya manusia atau pun Infrastruktur masyarakat.

"Kepercayaan orang lain terhadap kita itu penting. Kepercayaan itu harus ditunjukkan jika kita itu layak," kata Bang Dhin, pangilan akrab M Syaripuddin, Senin (27/6/2022), di Banjarmasin.

Hal tersebut diungkapkannya pada Dialog Sinergisitas Mahasiswa dan Pemerintahan dalam Pembangunan Daerah, yang dilaksanakan Ikatan Mahasiswa Barto Kuala (Batola) bersama Wakil Bupati Batola, Rahmadianoor, di aula Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin.

Untuk membangun daerah, mahasiswa mesti mengkonsep pikiran mereka dengan apa yang bisa diberikan ke daerah bukan apa yang daerah berikan. Hal itulah yang harus dibuktikan, tidak masalah jika kontribusi itu kecil. 

"Kita harus tetap berikan meski hal kecil, sumbangsih gagasan terhadap pembangunan daerah. Dengan begitu pemerintah akan melihat dan diharapkan dapat merespon," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel ini.

Selain itu, pemerintah juga diminta memberikan kesempatan buat para mahasiswa menjalankan perannya.  
Gagasan yang pembangunan daerah, baik sektor ekonomi, pariwisata dan pembangunan mesti didengar.

“Pemerintah mesti memberikan ruang itu untuk para agen perubahan berkontribusi nyata,” ujar Bang Dhin.

Sementara itu, Wakil Bupati Barito Kuala, Rahmadianoor, pemerintah memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan para agen perubahan untuk membangun daerah.

"Pemuda mesti menyiapkan diri sebaik mungkin, mahasiswa itu selain tanggung jawab terhadap pribadinya, tapi juga setelah lulus," kata Rahmadi.

Ia berharap para mahasiswa yang sudah lulus baik di perguruan tinggi dapat mengabdi kembali untuk daerahnya.[ana]