Sandang Gelar Baru, Ini Gelar yang Diraih Bupati Bartim

MESKI di tengah kesibukan yang luar biasa padat, Ampera Ariyanto Mebas yang juga berstatus sebagai Bupati Bartim berhasil menuntaskan kuliah S3 hingga resmi menyandang gelar Doktor.| foto : istimewa 

TAMIANG LAYANG - Terus berkarir tuntut ilmu hingga tercapai tujuan, Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera Ariyanto Mebas berhasil meraih gelar doktor di Bidang Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya.

Kepastian gelar doktor tersebut diperoleh setelah dinyatakan lulus dalam sidang terbuka, Rabu (22/6/2022) di Laboraterium Pancasila Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 

“Ampera Ariyanto dengan Nomor Induk Mahasiswa 1271900012 jenjang pendidikan strata 3 dinyatakan lulus dengan cumlaude, dan berhak menyandang gelar akademik doktor bidang ekomomi,  setelah yang bersangkutan mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Tantangan Profesi, Nilai Pribadi, Nilai Pekerjaan, Budaya Kerja dan Pengembangan Karirer terhadap Profesionalitas ASN dengan Pembelajaran Individual dan Berbagai Pengetahuan sebagai Variabel Intervening di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Barito Timur” di hadapan rapat ujian terbuka disertasi Program Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya,” terang Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Prof.Dr.H.Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPA melalui surat keterangan lulus Nomor: 1860/K/FEB/VI/2022 yang disampaikan kepada Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Rabu 22 Juni 2022.

Berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh Kontributor MMC Bartim sedikitnya ada 10 (sepuluh) dosen yang menjadi tim penguji disertasi Bupati Bartim Ampera AY Mebas. 

Empat orang tim penguji bergelar doktor dan enam orang lainya bergelar profesor termasuk Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Prof.Dr.H.Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPA yang menjabat sebagai ketua tim penguji disertasi Bupati Barito Timur.

Sementara itu, Bupati Ampera yang berhasil dikonfirmasi oleh kontributor MMC Bartim mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilanya menyelesaikan pendidikan S3.

Pasalnya, pendidikan S3 ini ditempuh selama 3 tahun dan Ia raih di tengah kesibukannya menjabat sebagai kepala daerah dan memimpin Kabupaten Barito Timur yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah.

Lalu mengapa seorang Ampera AY Mebas harus bersusah payah sekolah padahal sudah punya segalanya.

Dikutip dari kontributor MMC Bartim, Ampera AY Mebas menuturkan tujuannya sekolah lagi dan meraih gelar doktor untuk menambah ilmu atau wawasan diri dan mengetahui lebih  banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi. 

Selain itu, dengan sekolah (kuliah), Bupati Bartim mengatakan Ia memiliki teman baru, relasi dan melatih komunikasi bersama orang lain.

”Disamping itu tujuan lain saya sekolah lagi untuk memotivasi putra-putri Kabupaten Barito Timur agar jangan putus sekolah dan terus berjuang menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Karena dengan pendidikan yang baik kita bisa mampu meraih cita-cita yang diidamkan,” terang  Ampera.

Keberhasilan Orang Nomor Satu di Kabupaten Barito Timur meraih gelar doktor, ternyata telah sampai kabarnya di Kabupaten Barito Timur. Pria yang memimpin roda pemerintahan di Gumi Jari Janang Kalalawah ini pun banjir ucapan selamat melalui whatsapp.

Tak hanya mendapat ucapan selamat melalui whatsapp, Bupati Bartim juga mendapat ucapan selamat melalui media sosial seperti twibon. Begitu mendapat kabar Bupati Bartim berhasil meraih gelar doktor, para pejabat di lingkup Pemkab Bartim mengucapkan selamat melalui konten itu.[yovan]