Logistik Pilkades Serentak Kapuas 2022 Mulai Geser ke Lokasi

USAI apel gelar pasukan pengamanan Pilkades sebelum pendistribusian logistik.| foto : dpmdkps

KUALA KAPUAS - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades ) Serentak Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kapuas, mulai menggeser logistik ke lokasi 17 wilayah kecamatan, untuk 155 desa yang menyelenggarakan Pilkades, Sabtu (23/7/2022).

Pergerakan logistik Pilkares ini mulai dari Media Center, Aula Kantor Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD), Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas.

Adapun logistik yang didistribusi terdiri dari kotak suara, bilik suara, surat suara, dan kelengkapan pada tempat pemungutan suara (TPS).

"Hari ini logistik untuk Pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2022 Kabupaten Kapuas mulai didistribusikan," kata 
Kepala Dinas PMD Kapuas, Yanmarto SH M.Hum.

Lanjutnya, sebelum itu dilaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Kapuas Tahun 2022 oleh Polres Kapuas, yang mana nantinya pengiriman logistik ini akan dikawal ketat oleh petugas kepolisian.

"Aparat kepolisian dari Polres Kapuas mengawal pergerakan logistik ini dari kabupaten ke desa dan sebaliknya," kata Yanmarto.

Estimasi waktu pendistribusian logistik Pilkades ini dijadwalkan mulai hari ini Sabtu, 23 Juli hingga H-1 pelaksanaan pemungutan suara.

"Kami juga sudah menyusun jadwal personel yang mendistribusikan. Dan sudah dirancang untuk kapan itu diditribusikan," ujarnya.

Ia menuturkan logistik setelah sampai di desa dilakukan lagi pemeriksaan dan perhitungan jumlah logistik oleh panitia desa di hadapan aparat kemanan, BPD dan masyarakat.

"Distribusi ini memperhatikan dua hal pertama kita mendahulukan wilayah atau jarak tempuh yang jauh, terisolir itu diutamakan," sebutnya.

Kemudian untuk wilayah desa-desa yang jumlah pemilhnya banyak meskipun dekat tetap diprioritaskan didahulukan pendistribusian.

"Sehingga tersedia cukup waktu menghitung dan mendatanganinya," kata Yanmarto.[aan/adv]