PKKMB Politeknik, Danlanal Kotabaru Sampaikan Materi Bela Negara


KOTABARU - Pengenalan mahasiswa baru Politeknik (Poltek) Kotabaru bertajuk Pembekalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus Poltek, Jalan Raya Stagen Km 9, Senin (22/8/2022), diberikan materi tentang bela negara. 

Tak tanggung-tanggung, materi langsung disampaikan Komandan Pangkalan TNI-AL Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setiawan. Tema kegiatan "Menciptakan generasi kritis, Kompetitif dan Solidaritas yang Tinggi serta Berjiwa Nasionalisme'

Danlanal Edy mengatakan, bela negara merupakan hak dan kewajiban dari setiap Individu yang didasari oleh rasa cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara.

"Kita yakin bahwa Pancasila adalah sebagai ideologi negara, dan rasa rela berkorban bagi bangsa dan negara yang memiliki kemampuan awal bela negara dan profesi bagian dari bela negara," katanya.

Menurutnya, ada beberapa poin penting diselenggarakannya PKKMB, yakni sebagai agenda rutin tahunan pertama untuk pengenalan dunia Kampus kepada mahasiswa baru agar mampu beradaptasi secara akademik maupun non akademik.

Ia berharap sebagai pengenalan wawasan global, diharapkan mahasiswa mampu beradaptasi dengan situasi sekarang ini agar dapat memberikan inovasi, kreatiftas, dan berkarakter.

"Kepada para mahasiswa, mereka tidak salah memilih kampus. Gunakan kesempatan ini dengan baik dan ingat orang tua kalian agar kalian menjadi sukses," tuturnya.

PKKMB Politeknik Kotabaru ini sendiri dilaksanakan mulai 22 hingga 26 Agustus 2022, di Kampus Politeknik Kotabaru.[zainuddin]