Muscab dan Seminar Kesehatan PDGI Banua Tiga Digelar di Balangan

KEGIATAN Muscab dan seminar kesehatan oleh PDGI.| foto : martino

PARINGIN - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Banua Tiga yang meliputi wilayah Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Utara dan Hulu Sungai Tengah, menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab) untuk memilih pemimpin baru periode 2022-2025, yang berlangsung di Mahligai Mayang Maurai, Paringin, Sabtu (10/9/2022).

Pada pelaksanaan muscab tersebut, juga dirangkai dengan Seminar Kesehatan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para dokter gigi, sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Banua Tiga.

Muscab dan seminar kesehatan dibuka oleh Bupati Balangan yang diwakili oleh Asisten III Setda Balangan, H Nasa’i. 

Hadir pula dalam acara ini, Ketua PDGI Kalimantan Selatan, drg Budi Rukhiyat, Ketua PDGI Cabang Banua Tiga, drg Sudirman, Ketua Penyelenggara Kegiatan, drg Lutfiah, serta calon kandidat Ketua PDGI Banua Tiga, drg Insan Akbar Nurhakim dan drg Dedy Saputra.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Setda, H Nasa’i, Bupati Balangan, Abdul Hadi menyampaikan apresiasi atas terlaksananya muscab. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PDGI Banua Tiga yang punya inisatif untuk meningkatkan kapabilitas profesi dokter gigi.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, drg Lutfiah yang ditemui disela kegiatan, menyampaikan, bahwa muscab dilaksanakan untuk memilih Ketua PDGI Banua Tiga periode 2022-2025 yang akan menggantikan drg Sudirman. Sedangkan untuk seminar kesehatan, dirinya juga mengharapkan, kegiatan ini dapat memotivasi para dokter gigi yang lainnya agar terus berkembang untuk menyehatkan kesehatan mulut dan gigi.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bagi kandidat yang terpilih bisa memimpin para dokter gigi agar bisa lebih baik untuk tiga tahun kedepan. Dan semoga dengan kepemimpinan baru, organisasi dapat terus berkembang agar dapat menyehatkan kesehatan gigi di tiga wilayah kabupaten ini,” harap Lutfiah.

Pada muscab ini, para peserta yang terdiri dari dokter gigi se-Banua Tiga, memilih secara voting, dan yang memperoleh suara terbanyak adalah drg Insan Akbar Nurhakim dengan jumlah 23 suara.

Saat ditemui oleh awak media usai acara, drg Insan Akbar Nurhakim menyampaikan rasa terima kasih serta rasa syukur atas hasil yang diperoleh dan diamanahkan untuknya.

“Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, atas bantuan dan takdirnya juga, hari ini saya terpilih menjadi Ketua PDGI Cabang Banua Tiga yang baru. Semoga dengan terpilihnya saya, dapat menjalankan program yaitu Bakti Sosial peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional yang bertempat di MAN 1 Layap Paringin, dan semoga dapat menjalankan program-program lain kedepannya," ujar Insan Akbar Nurhakim.[martino]