Wapres Ma’ruf Amin Resmi Buka MTQ Nasional XXIX di Kalsel 2022


MARTAPURA - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 resmi digelar di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10/2022) malam.

Ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin saat opening ceremony MTQ edisi ke-29. Dalam pembukaan ini, Wapres Ma'ruf Amin didampingi Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Sebelum pembukaan, kesenian sinoman hadrah sebagai tarian khas masyarakat Banjar, menyambut kedatangan Wapres Ma’ruf Amin bersama sang istri, Hj Wury Ma’ruf Amin dan didampingi Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor bersama istri Hj Raudatul Jannah saat memasuki area Astaka Utama Kiram Park.

Acara yang menghadirkan artis Muhammad Fadli dan Meisya Siregar sebagai pemandu acara itu juga turut dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Pusat Syarifah Rif’ah Assiry, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma, para gubernur se-Indonesia dan Bupati/Walikota se-Kalsel atau yang mewakili.

Acara dimulai dengan menampilkan defile 34 peserta MTQN ke XXIX lengkap dengan pakaian adat. Dimulai defile dari kafilah Provinsi Aceh dan diakhiri defile tuan rumah Kalimantan Selatan.

Setelah diperdengarkan lagu Indonesia Raya, disusul Mars Bergerak ciptaan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, lalu pembacaan ayat suci Alquran oleh Ilham Mahmuddin, Qari Terbaik 1 MTQ Nasional ke 28 tahun 2020 asal DKI Jakarta, menandai dimulainya proses pembukaan acara.

Setekah dibuka, rangkaian perlombaan MTQ Nasional yang dimulai sejak 10 hingga 19 Oktober 2022 itu resmi mempertandingan 8 cabang lomba yang terbagi dalam 23 golongan.

MTQN XXIX Tahun 2022 ini
diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi dan 135 dewan hakim.

Kedelapan cabang lomba itu adalah cabang Seni Baca Alquran, Hafalan Al Quran, Tafsir Al Quran, Syarhil Quran, Kaligrafi, Qiraat Al Quran, Fahmil Quran dan terakhir cabang Karya Tulis Al Quran (KTIQ).

Pelaksanaan MTQ Nasional di Kalsel ini memiliki 12 venue, 6 venue di Kabupaten Banjar, 4 venue di Kota Banjarbaru dan 2 venue di Kota Banjarmasin.

Kalimantan Selatan tercatat 2 kali menjadi tuan rumah MTQ Nasional yakni tahun 1970 dan 2022.

Selain Kalsel, ada 3 provinsi lain yang juga telah melaksanakan 2 kali penyelenggaraan MTQ, yakni Sumatera Barat, NTB dan Sumatera Utara.

Terdapat 12 venue tempat lomba yang tersebar di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru.

Juga di Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, serta Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar.[adv]