Promkes RSUD Kapuas Edukasi On Air Peringatan Hari Jantung Sedunia

NARSUM dari RSUD Kapuas berikan penyuluhan kesehatan lewat siaran radio di RSPD Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Memperingati 
hari jantung sedunia  yang jatuh pada tanggal 29 september, kali ini RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan penyuluhan 'On Air' melalui siaran Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kapuas di frekuensi 91,4 FM pada Kamis 29 September 2022 lalu.

Tema peringatan tahun ini adalah “Use Heart, For Every Heart”, memiliki makna bahwa jantung yang sehat merupakan anugrah yang harus kita jaga dengan baik.

Informasi dan edukasi disampaikan dr. Erny Indrawati bersama Pengelola Promkes RSUD Kapuas, Popo Subroto SKM.

Menurut dr. Erny yang bertugas sebagai Dokter Umum Madya dan penanggung jawab Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, mengatakan, hari jantung sedunia pertama kali dicanangkan pada tahun 1999 oleh WHF bekerjasama dengan WHO.

"Tujuan peringatan Hari jantung sedunia adalah memperingatkan kepada orang-orang di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab kematian utama di dunia," kata dr Erny, Minggu (2/10/2022), melalui pesan aplikasi.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, momen peringatan kali ini pihaknya berbagi pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan jantung.

“Diperingatinya Hari Jantung Sedunia ini merupakan salah satu bentuk dan cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah,” tambahnya.

Harapannya, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kita semua dalam upaya meningkatkan pengendalian dari penyakit jantung.[aan/adv]