Waspada Hidrometeorologi, Kecamatan Karang Bintang Gelar Apel Siaga Bencana

BATULICIN - Langkah antisipasi bencana dilakukan Pemerintah Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Ini ditandai dengan apel siaga di halaman Kantor Kecamatan, Selasa (15/11/2022).

Di antara bencana hidrometeorologi yang diwaspadai itu seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang laut alias banjir rob.

Apel siaga bencana ini diikuti Kapolsek Karang Bintang dan Danramil Karang Bintang, bersama personelnya masing-masing.

Camat Karang Bintang, Syafruddin mengatakan, apel siaga bencana digelar dalam rangka antisipasi menghadapi bencana hidrometeorologi.

Langkah mengantisipasi, lanjutnya, perlu dilakukan sebelum bencana banjir yang biasa terjadi di tiga titik di wilayah Kecamatan Karang Bintang terjadi.

"Kami akan menginformasikan tentang kewaspadaan bencana banjir. Ada 3 titik, biasanya terjadi bencana banjir di musim penghujan ini. Tiga titik itu Desa Selaselilau, Desa Karang Bintang dan Desa Sumber Wangi yang ada di bantaran sungai," paparnya.

Ia berharap masyarakat yang ada di bantaran sungai bisa mengantisipasi dan selalu siap siaga dengan lebih awal mempersiapkan tempat-tempat persinggahan bila mana terjadi banjir.

Apel serupa kewaspadaan ini juga dilakukan di seluruh kecamatan di Bumi Bersujud.[joni]