Masyarakat Desa Muara Jaya Harapkan Pembenahan JUT dan Pembangunan Irigasi

Masyarakat Desa Muara Jaya Harapkan Pembenahan JUT dan Pembangunan Irigasi

PARINGIN - Sektor Pertanian merupakan salah satu pilar penting sebagai tolak ukur kemajuan suatu daerah, oleh sebab itu penting bagi pemerintah untuk terus memperhatikan kestabilan sektor ini.

Salah satu bentuk perhatian yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Balangan kepada para petaninya adalah dengan mendengarkan keinginan dan keperluan para petani di Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan, Abdul Hadi secara langsung berdialog dengan para petani yang tengah berhadir dalam acara Penanaman Padi Serentak di Desa Muara Jaya Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan, Rabu (14/12/2022).

Dalam dialog tersebut salah seorang Anggota Kelompok Tani Bintang Timur Empat Rasidi menyampaikan, keperluan mereka terkait pengadaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) guna menunjang dan mempermudah kegiatan bertani mereka.

"Kami memerlukan untuk menunjang kegiatan bertani yaitu mesin traktor," ucapnya.

Ia juga melanjutkan, selain dari Alsintan mereka juga mengharapkan pembangunan sistem irigasi dan pembenahan jalan usah tani di desa mereka.

"Kami mengharapkan dari masyarakat untuk di lakukan pengecoran jalan usaha tani ini," lanjutnya.

Menanggapi hal itu Bupati Balangan, Abdul Hadi mengatakan, untuk para kelompok tani agar membuat dan menyerahkan proposal kepada dinas terkait karena pada anggaran tahun 2023 perubahan pihaknya akan fokus ke pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian dan perkebunan.

"Silahkan buat proposal, tahun anggaran 2023 perubahan kita akan fokuskan untuk pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian perkebunan," tanggapnya.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya sudah melakukan konsultasi dengan Balai Sungai agar kedepannya pemerintah daerah bisa bersinergi dalam pembangunan irigasi untuk kemajuan petani-petani di Kabupaten Balangan.

"Sekarang kita sudah duduk bersama mudah mudahan saluran irigasi ini bisa cepat diselesaikan sehingga target kita untuk tiga kali atau empat kali tanam dalam satu tahun bisa tercapai," jelasnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama