Tunjang Kegiatan Petani, Pemkab Balangan Serahkan Bantuan untuk Kelompok Tani

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi menyerahkan secara simbolis bantuan kepada perwakilan kelompok tani.| foto : istimewa

PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan menyerahkan bantuan tani berupa 1.971 unit handsprayer, 13.140 liter herbisida, dan 82.800 kilogram pupuk NPK untuk kelompok tani se-Kabupaten Balangan. 

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi kepada perwakilan kelompok tani di Kecamatan Paringin dan Kecamatan Paringin Selatan di Lapangan Sepakbola Batung Batulis, Desa Lok Batung, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Selasa (10/1/2023) sore.

Kelompok Tani Harapan Utama Kecamatan Paringin dan Kelompok Tani Nawan Kecamatan Paringin Selatan masing-masing menerima 27 buah unit handsprayer. 

Kelompok Tani Sumber Jaya Kecamatan Paringin dan Kelompok Tani Teratai Kecamatan Paringin Selatan, dengan masing-masing mendapatkan bantuan 180 liter herbisida. 

Kemudian bantuan Pupuk NPK diberikan kepada Kelompok Tani Mitra Unggul Kecamatan Paringin dan Kelompok Tani Suka Maju Kecamatan Paringin Selatan dengan masing-masing menerima 1.200 kilogram pupuk NPK.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Balangan, Ir Tuhalus mengatakan, banyak program bidang pertanian yang melewati target. 

“Tahun 2022 dibangun 242 jalan usaha tani, dan pada 2023 akan kembali dibangun 195 unit jalan usaha tani. Sehingga target untuk jalan usaha tani serta jalan angkut produksi sudah tercapai, saat ini setiap desa juga telah memiliki satu penyuluh pertanian,” ujarnya. 

Sementara untuk hasil produksi pertanian mengalami kenaikan 18 persen.

Tuhalus mengatakan, dengan anggaran yang diberikan dan banyaknya bantuan dipercaya akan meningkatkan hasil produksi, meskipun lahan nantinya ada mengalami penyempitan namun hasil produksi tetap mengalami kenaikan.[martino]