Dinkes Kapuas Ajak Semua Gelorakan Germas

Dinkes Kapuas Ajak Semua Gelorakan Germas

JAJARAN Dinkes Kapuas usai senam Germas.| foto : diskominfo

KUALA KAPUAS - Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, Kalteng, melaksanakan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan.

"Kegjatan tersebut merupakan upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  atau Germas demi kehidupan yang baik, dengan memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," kata Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawati Panjaitan, Kamis (16/2/2023)

Sambungnya, ini juga bagian implementasi Peraturan Bupati Kapuas nomor 41 tahun 2022 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  atau Germas, dimana setiap Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) mengambil peran untuk mendukung pelaksanaan Germas.

Peran Dinkes ini juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di lingkungan kerja OPD.

"Jadi kegiatan tersebut bertujuan untuk menggelorakan kembali Germas agar masyarakat hidup sehat," katanya.

Dijelaskan tentang pemeriksaan kesehatan, deteksi dini Penyakit Tidak Menular atau PTM dilakukan beberapa tahapan, diantaranya pengukuran tinggi badan dan berat badan untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) sehingga bisa dilihat apakah seseorang obesitas atau tidak. 

Selanjutnya juga diperiksa tekanan darah, gula darah serta cholesterol. 

Dari hasil pemeriksaan tersebut dilakukan konseling untuk mengedukasi apa yang harus dilakukan dalam menindaklanjuti hasil pemeriksaan.

"Germas hidup sehat ini penting digelorakan di semua tatanan masyarakat," kata dr Tonun.

Ini sebagai upaya untuk menjaga agar masyarakat khususnya pegawai Dinkes tetap dalam kondisi sehat dan bugar sehingga produktifitas akan meningkat dan pelayanan masyarakat bisa berjalan dengan lebih optimal

Bagi yang belum menderita PTM agar bisa menjaga pola hidup supaya tetap sehat dan bagi yang sudah menderita PTM agar dapat terhindar dari kondisi yang parah, selain pemeriksaan fisik, juga dilakukan skrining kesehatan jiwa.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama