GBA dan Dusel Awali Musdes Tahun 2023 di Barsel

GBA dan Dusel Awali Musdes Tahun 2023 di Barsel

BUNTOK – Musyawarah Desa (Musdes) 2023 sebagai langkah fasilitasi dan sinkronisasi Program Kerja Desa dan Kecamatan di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), mulai digelar, Selasa (7/2/2023).

Kegiatan ini dimulai dari Desa Wayun di Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), bertempat di objek wisata Situ Ulin Gagumet. Kemudian dilanjutkan ke Desa Telang Andrau di Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), di Kantor Desa Telang Andrau.

Kegiatan kali ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Edy Purwanto. Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, salah satunya mengamanatkan perencanaan pembangunan dari bawah secara partisipatif.

Ini, lanjutnya, mengandung makna bahwa pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Desa yang dilaksanakan pada saat ini selain diikuti oleh berbagai unsur masyarakat desa juga merupakan sarana atau kesempatan belajar bagi masyarakat desa selaku peserta musyawarah sebagai bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa juga bermakna Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program kegiatan strategis desa bagi kepentingan dan kemajuan bersama.

Hal ini tercermin melalui kegiatan dialog antara Pemerintah Desa dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendiskusikan dan menyepakati program-program pembangunan Tingkat Desa untuk disusulkan pelaksanaan beserta pendanaannya pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan nantinya dalam bentuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU RKP).

“Saya ucapkan selamat bermusyawarah dan berdiskusi, semoga hasil dari kegiatan ini sesuai dengan harapan kita bersama untuk memajukan daerah Barsel yang Dahani Dahanai Tuntung Tulus, maju dan mandiri sehingga terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera,” tegas Edy.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat Desa Wayun dan Desa Telang Andrau.[adv]


Lebih baru Lebih lama