Gelaran MTQ ke 46 Tingkat Kabupaten Kapuas Mulai Dipersiapkan

Gelaran MTQ ke 46 Tingkat Kabupaten Kapuas Mulai Dipersiapkan

RAPAT persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Event keagamaan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-46 Tingkat Kabupaten Kapuas sudah mulai dipersiapkan. 

Untuk itu pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kapuas, bersama panitia yang telah terbentuk menggelar rapat persiapan pada Kamis 10 Februari 2023 di Aula Kantor Kememag Kapuas.

"Pembahasan persiapan-persiapan yang akan dijalankan oleh panitia pelaksana yang diketuai  H Suwarno Muriyat itu sudah mulai dilakukan. Salah satunya adalah penetapan waktu kegiatan dan lokasi kegiatan," kata KH Muchtar Ruslan, Ketua LPTQ Kapuas, Jumat (10/2/2023).

Lanjutnya, pelaksanaan MTQ direncanakan akan digelar para minggu ketiga bulan Juni 2023 di Kota Kuala Kapuas.

"Untuk lokasi pelaksanaaan di Area Islamic Center, Komplek Masjid Agung Kuala Kapuas," ujarnya.

Ia menjelaskan, MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Kapuas pelaksanaanya masih ditangani dari pengurus LPTQ Kabupaten, dan telah disepakati dilaksanakan di Kota Kuala Kapuas.

"Syukurnya kegiatan tahun ini sudah bisa dilakukan secara terbuka untuk umum tidak terbatas dan tertutup lagi," ungkap Muchtar Ruslan.

Untuk lokasi, Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas itu menjelaskan area skemanya sama dengan pelaksanakan MTQ tingkat kabupaten sebelumnya, yaitu menggunakan ruangan sekolah MIN, MTsN, MAN dan Auditorium STAI Kuala Kapuas.

"Karena lokasi yang digunakan adalah sekolahan, oleh karena itu jadwal pelaksanaan mengikuti jadwal libur sekolah. Selain itu, waktu libur juga dipertimbangkan agar para peserta MTQ nantinya lebih konsen dalam mengikuti kegiatan," jelasnya.

Muchtar Ruslan menuturkan, MTQ pada tahun ini, terdapat penambahan cabang baru yang akan dimasukan dalam agenda yaitu cabang hafalan hadist. 

Oleh karena itu, pihaknuya akan terus berkoordinasi dengan LPTQ tingkat kecamatan untuk mensosialisasikannya.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama