Sisi Pandu PTM, Inovasi Sosialisasikan Penyakit Hipertensi di Kecamatan Juai

Sisi Pandu PTM, Inovasi Sosialisasikan Penyakit Hipertensi di Kecamatan Juai

UPT Puskesmas Kecamatan Juai.|foto : istimewa

PARINGIN - Penyakit Hipertensi menjadi penyakit ke dua dari 10 penyakit tertinggi di Kecamatan Juai dan nomor satu untuk penyakit tidak menular. Oleh karena itu, UPT Puskesmas Juai hadirkan sebuah inovasi Sisi Pandu PTM (Edukasi Hipertensi pada Posbindu PTM) guna mensosialisasikan terkait penyakit tersebut kepada masyarakat dengan rentan usia 15 sampai 45 tahun.

Disampaikan oleh Nurul Izah, Penyuluh Kesehatan Masyarakat UPTD. Puskesmas Juai, sekaligus inovator dari Sisi Pandu PTM, awal dibentuknya inovasi ini pada tahun 2022 dengan metode sosialisasi setiap bulan di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

"Saat ini, penyuluhannya rutin di lakukan setiap bulan, sekitar dua desa perbulannya," jelasnya saat di Konfirmasi via WhatsApp, Senin (11/2/2023).

Ia melanjutkan, untuk manfaat dari inovasi Sisi Pandu PTM adalah menambah pengetahuan masyarakat tentang penyakit Hipertensi dan cara untuk pencegahan.

"Kalau manfaat untuk jangka pendek yg pasti dari pengetahuan alhamdulillah masyarakat sudah banyak yg tau tentang penyakit hipertensi dan cara pencegahannya. Masyarakat yang datang ke posbindu juga lebih banyak," ujarnya.

Izah mengatakan, ke depan pihaknya akan terus mengembangkan inovasi Sisi Pandu PTM agar bukan hanya sekedar dilaksanakan pada saat  Posbindu dengan penyakit hipertensi tetapi tentang penyakit tidak menular lainnya.

"Untuk yg lainnya semoga bisa dikembangkan lagi untuk penyakit tidak menular lainnya," katanya.

Untuk antusias masyarakat dengan inovasi Sisi Pandi PTM sangat baik akan tetapi untuk mayarakat yang datang masih belum terlalu banyak.

"Untuk saat ini mungkin dari jumlah sasaran, karena masih banyak masyarakat usia 15 sampai 45 tahun yang belum mau ke posbindu," sebut Izah.[martino]

Lebih baru Lebih lama