Kupinang, Inovasi Untuk Pelayanan Kesehatan Datang ke Rumah

Kupinang, Inovasi Untuk Pelayanan Kesehatan Datang ke Rumah

KANTOR UPT Puskesmas Tanah Habang Kecamatan Lampihong.|foto : istimewa


PARINGIN - Untuk pastikan layanan Kesehatan dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya di daerah Tanah Habang Kecamatan Lampihong Kupinang (Kunjungan Rumah Pasien Tanah Habang).

Mahmudah, selaku inovator dari Kupinang menjelaskan inovasi ini, merupakan program kegiatan kunjungan rumah pasien Tanah Habang, dengan tujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit.

“Kita datang ke rumah pasien untuk memeriksa kesehatan mereka,” jelasnya, Senin (9/1/2023).

Ia menjelaskan, mengenai latar belakang terbentuknya inovasi Kupinang, karena kondisi pasien yang sakit di antaranya ada beberapa diantara nya tidak sanggup untuk mendatangi fasilitas kesehatan, pasien lansia dengan intoleransi aktivitas dan kondisi yang sudah sangat lemah, pasien dengan disabilitas, pasien dengan penyakit kronis. 

“Pasien pasca operasi sehingga pasien dan keluarga berharap mendapatkan pelayanan kesehatan ditempat tinggal mereka, keterbatasan pengetahuan masyarakat tentang diet yang berhubungan dengan penyakitnya, kurangnya informasi tentang penggunaan obat yang tepat dan masih banyak nya lingkungan yang belum sehat,” lanjutnya.

Manfaat yang diperoleh dengan adanya program kegiatan KUPINANG adalah meningkatkan kemandirian masyarakat tentang Kesehatan, memfasilitasi masyarakat yang memiliki keterbatasan aktivitas dan akses terhadap kesehatan, membantu masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan kesehatan.

“Membantu masyarakat mendapatkan informasi dan pendidikan tentang kesehatan baik segi dari segi gizi, obat-obatan dan kesehatan lingkungan,” sampainya.[martino]

Lebih baru Lebih lama