Boengas, Inovasi dari UPT Puskesmas Tanah Habang

Boengas, Inovasi dari UPT Puskesmas Tanah Habang

KANTOR UPT Puskesmas Tanah Habang Kecamatan Lampihong.|foto : Istimewa


PARINGIN - Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Tanah Habang  Boengas (Bersama Ngobrolin tentang Informasi Kesehatan).

Tujuan dari inovasi Boengas dipaparkan oleh Abdul Karim, Inovasi di khusus bagi pasien Tanah Habang, dengan tujuan untuk memudahkan pasien dalam mengecek kesehatan, memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit.

“Agar masyarakat kitab bisa merasa kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” paparnya. 

Abdul selaku inovator dari Boengas, menjelaskan Aplikasi dilatar belakangi oleh kondisi pasien yang sakit, beberapa di antaranya tidak sanggup untuk mendatangi fasilitas kesehatan. 

Kondisi yang sudah sangat lemah, akses untuk ke fasilitas kesehatan tidak memungkinkan bagi pasien sehingga pasien dan keluarga berharap mendapatkan pelayanan kesehatan ditempat tinggal mereka. 

Selain itu, juga ditambah dengan masih banyak nya masyarakat yang belum mengetahui diet gizi (menu makanan pasien) yang sesuai dengan kondisi permasalahan kesehatan yang di alami nya, juga tentang kurang nya informasi mengenai penggunaaan obat yang tepat seperti desa Tanah Habang Kanan memiliki indeks angka balita stunting yang tinggi disebabkan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya menjaga gizi yang baik dan tepat. 


“Kemudian dari segi kesehatan lingkungan juga masih banyak yang belum mendapatkan informasi mengenai pola hidup bersih, cara memilah sampah, dan hal lain yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan,” jelasnya, Senin (9/1/2023).

Inovasi ini dilaksanakan dengan metode digital, adanya digitalisasi ini bisa memudahkan komunikasi antara dokter dan pasien. Kemudahan yang lain adalah terkait akses informasi Kesehatan yang bisa dilakukan secara real time.

Banyak smartphone yang kini sudah bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mengetahui kondisi Kesehatan secara real time. Seperti mengetahui detak jantung, saturasi oksigen, dan lain sebagainya.

Adapun keunggulan yang diberikan di aplikasi Si Boengas yaitu memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkini seputar kesehatan, edukasi kesehatan dibuat dengan mengikuti trend masa kini, memudahkan masyarakat mengetahui tentang fakta dan mitos kesehatan yang sudah turun temurun menghantui masyarakat, memudahkan masyarakat dalam membantu pada saat terjadi kecelakaan yang membutuhkan pertolongan cepat dari para nakes dan membantu mengingatkan masyarakat khususnya para remaja dalam cek kesehatannya.

“Membantu para nakes dalam mengawasi perkembangan gizi,” lanjutnya.

Ia menyampaikan, untuk manfaat dari inovasi Boengas adalah meningkatkan kemandirian masyarakat tentang Kesehatan, memfasilitasi masyarakat yang memiliki keterbatasan aktivitas dan akses terhadap kesehatan dan membantu masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan Kesehatan.

“Membantu masyarakat mendapatkan informasi dan pendidikan tentang kesehatan baik segi dari segi gizi, obat-obatan dan kesehatan lingkungan,” sampainya.[martino]

Lebih baru Lebih lama