Sambut Harjad, Pemkab Kapuas Gelar Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung

Sambut Harjad, Pemkab Kapuas Gelar Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung

PEMBUKAAN Festival Seni Budaya TMPT di Kuala Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung secara resmi dibuka oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK, Ny Ary Egahni Ben Bahat, di GOR Pananjung Tarung Kota Kuala Kapuas Jalan Maluku, Kuala Kapuas, Kalteng, Sabtu 11 Maret 2023 sore.

Bupati Kapuas Ben Brahim saat membuka kegiatan itu menyampaikan, Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung bagian dari melestarikan seni budaya dan kearifan lokal.

"Agar kita selalu melestarikan budaya kita, dan juga inikan diikuti peserta seluruh  kecamatan sehingga terjalin komunikasi yang baik silaturahmi yang baik satu sama lainnya," kata Ben Brahim.

Festival Seni Budaya ini digelar dalam rangkaian memeriahkan dan menyambut Hari Jadi ke-217 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-72 Pemerintah Kabupaten Kapuas, yang jatuh pada 21 Maret 2023.

Peringatan kali ini mengusung tema  "Bersama Menjadi Lebih Kuat, Kapuas Lebih Maju".

"Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung merupakan agenda tahunan Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas yang akan disiapkan untuk mengikuti event-event dan agenda kegiatan yang ada serta sebagai duta kebudayaan daerah Kabupaten Kapuas," kata Plt Kepala Disbudpora, Agusthe Andreas Noah, ditemui terpisah saat menyaksikan lomba balogo, Minggu (12/3/2023).

Agusthe, Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan, total 903 orang yang merupakan perwakilan dari 15 wilayah kecamatan serta beberapa sekolah dan komunitas grup seni yang ada di Kabupaten Kapuas mengikuti event tersebut.

"Kegiatan ini digelar 11 sampai 18 Maret 2023. Ada beberapa yang dilombakan, di antaranya lomba tari pedalaman, lomba karungut, lomba lawang sakepang, lomba bagasing, lomba balogo dan lomba sumpit/manyipet.

Selain itu juga ajang pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameluh, nantinya putra putri terpilih sekaligus sebagai duta wisata.[aan/advetorial]
Lebih baru Lebih lama