DKUKMPP Balangan Pantau Perkembangan Harga Sembako di Pasar Batumandi

DKUKMPP Balangan Pantau Perkembangan Harga Sembako di Pasar Batumandi

PETUGAS gabungan tengah melakukan monitoring harga kepada para pedagang.| foto : istimewa


PARINGIN - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Balangan, bersama tim pemantauan perkembangan harga Bahan Pokok dan Penting (Bapokting), melakukan monitoring harga kebutuhan pangan menjelang lebaran Idulfitri 1444 H, di Pasar Tradisional Batumandi, Rabu (18/4/2023).

Dari hasil pantauan tim monitoring, sejumlah kebutuhan bahan pangan masyarakat, hingga saat ini masih terpantau cukup stabil. Di antaranya harga telur, cabai, minyak goreng, daging ayam, tepung terigu, serta daging sapi masih tergolong normal.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Batumandi, Wahyu Slamet mengatakan, harga bahan kebutuhan pokok menjelang lebaran ini belum ada kenaikan yang mencolok dan cenderung stabil.

Seperti, harga minyak goreng saat ini turun dari sebelumnya Rp15 ribu/liter menjadi Rp14.500 ribu/liter.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Balangan, Aidinnor menyampaikan, monitoring harga bahan pangan di pasar tradisional kali ini selain untuk mengecek harga di pasaran juga mengingatkan kepada para pedagang dan pembeli untuk tetap berhati-hati dalam berbelanja, serta selalu memperhatikan barang belanjaan dan barang berharga lainnya.

"Pemantauan harga bahan pokok masih aman dan terkendali, hal ini mampu berdampak positif terhadap pengendalian inflasi di Balangan. Pasar Batumandi merupakan pasar yang cukup besar dan ramai di Kabupaten Balangan, sehingga diharapkan masyarakat dapat selalu menjaga barang berharganya menjelang Idul Fitri," pesan Aidinnor.

Terakhir, Aidinnor berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut guna memantau ketersedian bahan pokok agar tetap terjamin, dan agar tidak ada kenaikan lonjakan harga yang tinggi serta masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.[martino]

Lebih baru Lebih lama