Hadiri Wisuda Huffadz Al Qur'an, Paman Birin Puji Santri Tahfidzul Qur'an Darussalam

Hadiri Wisuda Huffadz Al Qur'an, Paman Birin Puji Santri Tahfidzul Qur'an Darussalam

MARTAPURA - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri Wisuda Huffadz Al-Qur'an Angkatan XV Tahun 1444 H / 2023 Santri Madrasah Tahfidzul Qur'an Darussalam Tanjung Rema, Martapura di Madrasah Tahfidzul Qur'an Ponpes Darussalam Tanjung Rema, Martapura, Kabupaten Banjar pada Rabu (19/4/2023) malam.

Kehadiran Paman Birin turut didampingi sejumlah tokoh Banua, seperti Staf Khusus Gubernur H. Achmad Maulana, Komisaris Bank Kalsel Rizal Akbar, Tenaga Ahli Media Biro Adpim Setdaprov. Kalsel Rusbandi. 

Sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel juga turut mendampingi Paman Birin, seperti Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setdaprov Kalsel Sulkan, Kepala Bapenda Subhan Nor Yaumil, Kepala BPSDM Daerah Prov. Kalsel Mujiyat, Kepala Dinas PUPR Prov. Kalsel Ahmad Solhan, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalsel Diaduddin, 

Pelaksanaan Khataman Al Qur'an Angkatan XV Tahun 1444 H / 2023 ini terasa istimewa, karena selain dihadiri dan disaksikan oleh Gubernur Kalsel Paman Birin beserta tokoh Banua dan Kepala SKPD Lingkup Prov. Kalsel, juga dihadiri dan disaksikan oleh Qari Internasional H. Muammar ZA. 

Paman Birin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada lembaga pendidikan, yang turut berkontribusi dalam pembentukan sumber daya manusia, terlebih di mereka yang dipersiapkan sebagai generasi penghafal Al-Qur'an. 

Sebagai wujud apresiasi bagi santri Madrasah Tahfidzul Qur'an Darussalam yang berhasil mengkhatamkan hafalan Al-Qur'an, Paman Birin memberikan hadiah umrah bagi 4 orang santri yang secara khusus nantinya akan dipilih oleh Pimpinan Madrasah Tahfidzul Qur'an Darussalam, KH. Wildan Salman. 

"Di momen yang istimewa ini, ulun akan memberikan hadiah umrah kepada 4 orang santri, yang nanti dipilih oleh Pimpinan Madrasah Tahfidzul Qur'an Darussalam, KH. Wildan Salman," sampai Paman Birin. 

Lebih lanjut Paman Birin menyampaikan apresiasi kepada orang tua santri yang telah memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, dan ini merupakan wujud mewariskan ilmu. 

"Warisan ilmu merupakan warisan yang tidak ternilai, yang Insya Allah akan menjadi kebaikan. Sementara harta yang diawariskan, biar setinggi gunung puan akan habis, tapi kalau ilmu tidak akan habis," sampainya. 

Sementara Pimpinan Madrasah Tahfidzul Qur'an Darussalam, KH. Wildan Salman (Guru Wildan) menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Kalsel beserta para tokoh banua, kehadiran mereka menurut Guru Wildan menjadi semangat bagi para santri. 

“Kehadiran Paman Birin dan rombongan beserta seluruh pecinta Alquran, tentu menambah semangat para santri yang diwisuda,” kata Guru Wildan.

Dalam wisudah Tahun 2023 ini, sebanyak 96 berhasil menyelesaikan hafal Al-Quran dan  diwisuda. 

Prosesi wisuda diawali dengan pembacaan khataman ayat suci Alquran dari para santri yang diwisuda secara bergantian. Kemudian, acara dilanjutkan dengan dzikir nasyid yang dibawakan oleh para santri Tahfidzul Quran. Selanjutnya pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh KH. Muammar ZA.[adv]
Lebih baru Lebih lama