Datangi KPU Barsel, PDIP Jadi Partai Pertama Ajukan Bakal Calon Legislatif

Datangi KPU Barsel, PDIP Jadi Partai Pertama Ajukan Bakal Calon Legislatif

BUNTOK - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), menjadi partai yang pertama dalam mengajukan bakal calon anggota DPRD pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Ini mereka tandai dengan mendatangi kantor KPU Barsel, Kota Buntok, Kamis (11/5/2023).

“Hari ini kami serentak seluruh Indonesia melakukan pengajuan bakal calon anggota DPRD berdasarkan perintah dari Ketua Umum PDI Perjuangan, ibu Megawati Soekarnoputri,” ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Barsel, HM Farid Yusran.MM.

Ia mengaku merasa terhormat karena menjadi partai yang pertama mengajukan bakal calon anggota DPRD Barsel, serta telah dinyatakan lengkap dan benar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Memenuhi syaratnya nanti menunggu pemeriksaan lebih lanjut dan kita berharap ini tidak ada masalah. Sehingga siap untuk berkompetisi dilapangan,” terangnya.

Politisi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Barsel ini menargetkan pencapaian kursi dewan meningkat dari Pemilu tahun sebelumnya, yaitu 10 hingga 11 kursi.

Sementara itu, Ketua KPU Barsel, Baharuddin mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen pengajuan yang disampaikan oleh PDI Perjuangan, seperti berkas fisik dan melalui aplikasi Silon.

“Kesimpulan pengajuan dari PDI Perjuangan Barsel tadi kita nyatakan lengkap dan benar, sehingga bisa kita terima serta kita berikan tanda terima pengajuan dan berita acara pengajuan,” ungkap Baharuddin.

Selanjutnya, sambung dia, pihaknya akan melakukan tahapan verifikasi administrasi dari tanggal 15 hingga 23 Mei yang akan datang. Pihaknya juga masih menunggu pengajuan dari partai lainnya sebelum tanggal 14 Mei ke KPU Barsel.

“Kami lembaga layanan, tapi prinsip kami proses ini tidak mudah namun ini tidak boleh sulit. Karena yang kami lakukan untuk semua partai politik dan hak suara masyarakat,” tutupnya.[tomi]
Lebih baru Lebih lama