Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Hadapi Karhutla, BPBD Kapuas Turunkan Personel dan Peralatan

Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Hadapi Karhutla, BPBD Kapuas Turunkan Personel dan Peralatan

PENGECEKAN sarpras kesiapan hadapi Karhutla di wilkum Kapuas.| foto : bpbdkps

KUALA KAPUAS - Apel gabungan gelar pasukan, sarana dan prasarana (sapras)  dalam rangka hadapi bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah tersebut digelar halaman Mapolres Kapuas, Jalan Pemuda, Senin (15/5/2023).

Apel dipimpin Kapolres Kapuas, AKBP Kurniawan Hartono, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kabag Ops sebagai Perwira Upacara dan Kasubbagbinkar sebagai Komandan Upacara.

Hadiri pada kegiatan tersebut Dandim 1011/KLK, Kepala BPBD Kapuas, Kepala Manggala Agni  Kapuas, Kabagyankes, Wakapolres Kapuas, PJU Polres Kapuas, kapolsek Jajaran, Personel Gabungan TNI-Polri, Dinkes Kapuas, BPBD Kapuas, dan Sat Pol PP dan Damkar.

"Berdasarkan pantauan setelit lapan pada awal bulan Januari tahun 2023 sudah terdapat lima titik hotspot yang tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas," kata AKBP Kurniawan Hartono.

Lanjutnya, apel gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan personel dalam menanggulangi bencana Karhutla sekaligus mengecek peralatan yang nantinya saat digunakan tidak ada kendala.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, kepada seluruh personel Polres Kapuas, khususnya para Kapolsek jajaran dan unsur terkait di wilayah masing masing untuk bersinergi dan berupaya lebih aktif lagi dalam melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

BPBD Kapuas mengutus sejumlah personel untuk melaksanakan apel gelar pasukan tersebut.

Tidak hanya itu, BPBD Kapuas turut mobil yang dilengkapi dengan perlengkapan kesiapsiagaan yang dapat digunakan dalam penanggulangan bencana.

"Tujuan dari apel gabungan ini adalah untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, usai kegiatan.

Lanjutnya dalam kesiapsiagaan penanggulangan risiko bencana diperlukan sinergi lintas sektoral.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama