DKP3 Salurkan Bantuan Benih Padi untuk Kelompok Tani di Balangan

DKP3 Salurkan Bantuan Benih Padi untuk Kelompok Tani di Balangan

PENYALURAN bantuan oleh penyuluh pertanian kepada kelompok tani.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menyalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berupa benih padi inbrida kepada 20 kelompok tani yang sudah terdaftar di Surat Keputusan (SK) Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) pada DKP3 Balangan.

Disampaikan oleh Azizul Hakim selaku Mantri Tani di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Lampihong, pihaknya telah ditugaskan untuk menyakurkan bantuan bibit padi inbrida kepada kelompok tani yang sudah terdaftar.

"Alhamdulillah, Langsung diserahkan ke rumah ketua kelompok tani penerima, selanjutnya dibagi ke anggota kelompok taninya," jelasnya pada saat dikonfirmasi melalui Whatsapp, Rabu (7/6/2023).

Ia juga menambahkan, untuk tahun 2023 tidak terlalu banyak hanya mrndapat bantuan benih padi untuk 100 hakter yang dibagi ke 20 kelompok tani.

"Tahun ini sedikit saja bantuan dari provinsi cuma 100 hakter, jadi tiap kelompok cuma dapat bantuan benih padi lima hektar tiap kelompok tani," lanjutnya.

Ia melanjutkan, dalam penyaluran bantuan pihaknya bertugas untuk mendampingi penyaluran bantuan benih padi ke kelompok tani di desa dan penyuluhan manfaat benih unggul bermutu tanaman padi.

"Kami juga bertugas untuk mendampingi penyaluran bantuan benih padi ke kelompok tani," lanjutnya.

Hakim juga menyebut bahwa kedepannya Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2023 akan menyakurkan bantuan benih padi seluas 283,9 hektare Untuk Kelompok Tani di Kecamatan Lampihong.

"Insya Allah, dalam beberapa bulan kedepan dari APBD perubahan Kabupaten Balangan akan membantu bantuan benih padi Seluas 283,9 hektare untuk Kelompok Tani di Kecamatan Lampihong, yg memasuki musim tanam dan tanam kedua kalinya atau IP200 padi," pungkasnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama