Tingkatkan SDM di Balangan, Bupati Abdul Hadi Berikan Sertifikasi kepada 1.609 Peserta

Tingkatkan SDM di Balangan, Bupati Abdul Hadi Berikan Sertifikasi kepada 1.609 Peserta

PENYEMATAN secara simbolis kelengkapan peserta oleh Bupati Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Bupati Balangan, H Abdul Hadi akan terus tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Balangan dengan cara gelar pelatihan-pelatihan untuk mengasah skill para warganya di Balangan.

Sebanyak 1.609 peserta sertifikasi dari berbagai pelatihan ikuti kegiatan pelepasan peserta sertifikasi dan penempatan kerja 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ketenagakerjaan dan Migrasi (DPMPTSP, Nakertrans), di halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (24/10/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Balangan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Balangan sangat mendukung dengan adanya pelatihan tersebut, kerna akan mencetak manusia yang trampil, gigih dan memiliki semgat yang kuat dalam mengembangkan diri.

"Pemerintah Kabupaten Balangan sangat mendukung semua upaya yang bertujuan untuk mencetak dan memupuk manusia-manusia yang terampil, gigih, dan memiliki semangat yang kuat dalam mengembangkan diri. 

Ada banyak alasan untuk mendukung upaya-upaya yang demikian. Di antaranya, yang pertama, karena kita dan seluruh bangsa Indonesia akan segera memasuki kondisi di mana komposisi penduduk kita sebagian terbesarnya adalah penduduk usia produktif," jelasnya

Dengan adanya sertifikasi tersebut, nantinya setelah para peserta mendapatkan sertifikasi, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan akan mengirimkan database kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Balangan untuk membuka kesempatan SDM yang ada di Balangan tersebut terjun ke dunia kerja.

"Setelah sertifikasi ini, nanti kami dari pemerintah daerah akan mengirimkan database para peserta sertifikasi tersebut ke perusahaan-perusahaan yang ada di Balangan. Nantinya harapan kami untu perusahaan yang ada disini tidak lagi mengambil tenaga kerja dari luar daerah dan SDM yang berdomisili di Balangan yang sudah mendapatkan sertifikasi akan bisa mendapatkan pluang di dunia kerja secara langsung," paparnya.

Terakhir, Kepala DPMPTSP, Nakertrans Balangan Akhriani menyebut peserta dalam program pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja ini berjumlah 1.609 orang dengan 12 bidang pelatihan yang bersumber dana dari APBD Perubahan 2023.

“Pelatihan yang diadakan antara lain, pelatihan Operator Buldozer, Operator Excavator, Operator Mini HD, Operator Tronton Roda 10, Operator Sarana Roda 4, sertifikasi tenaga kerja berstandar perusahaan, pelatihan dan sertifikasi bidang Teknik Pertambangan, pelatihan dan sertifikasi bidang Teknik Alat Berat, pelatihan dan sertifikasi bidang Teknologi Informasi, pelatihan sertifikasi dan penempatan kerja Cleaning Service, pelatihan sertifikasi peningkatan Produktivitas UMKM, serta pelatihan dan penempatan Security dan semua itu telah kami anggarkan di dalam ABPD Perubahan 2023,” pungkasnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama