Berikan Pelayanan Untuk Para Lansia, Puskesmas Lok Batu Beriakan Ini

Berikan Pelayanan Untuk Para Lansia, Puskesmas Lok Batu Beriakan Ini

PELAYANAN kesehatan kepada para lansia oleh tenaga kesehatan.| foto : istimewa

PARINGIN - Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Lok Batu Kecamatan Batumandi memberikan sebuah inovasi Kita Jalan Bersama  (Kita Jaga Lansia Bersama) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Disampaikan oleh inovator Kita Jalan Bersama, Putri Candhi Ironi, ide awal terbentuknya inovasi adalah karena meningkatnya jumlah lansia yang mencapai 455 orang di wilayah kerja Puskesmas Lok Batu. Karenanya diperlukan cara dan pendekatan yang berbeda dengan melakukan kegiatan rutin dalam bentuk aktifitas fisik serta penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif, sehingga dapat meningkatkan kesadaran pada lansia untuk memelihara kesehatan sendiri dan meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia. 

"Permasalahan sekaligus yang menjadikan ide awal terbentuknya inovasi ini adalah karena jumalah lansia yang lumayan banyak di wilayah kerja kita," jelasnya melalui Whatsapp, Senin (4/12/2023).

Ia juga menyebut bahwa tujuan dari inovasi ini adalah untuk mengetahui pemetaan lansia di wilayah Puskesmas Lok Batu serta agar lansia dapat menghadapi kehidupan lansia dengan Bahagia.

"Salah satu tujuan inovasi ini adalah meningkatan kualitas hidup lansia sehingga lansia memiliki kepercayaan diri dan kemandirian dalam melakukan aktifitas sehari-hari," sebutnya.

Putri juga mengatakan, sebelum adanya inovasi Kita Jalan Bersama ini para lansia yang memiliki keterbatasan aktifitas tidak mendapatkan pelayanan secara rutin. dengan adanya inovasi KITA JALAN BERSAMA maka dilakukan kunjungan ke rumah lansia yang tidak dapat datang ke faslitas kesehatan karena keterbatasan kemampuan dalam aktifitas sehari-hari.

"Jadi tentunya inovasi ini akan terus kita optimalkan lagi hingga dampaknya bisa makin dirasakan khususnya para lansia kita," katanya.

Terakhir Ia berharap selain dari inovasi ini peran dan bantuan dari caregiver-caregiver informal (tetangga, keluarga atau relawan) sangat diharapkan terutama bagi lansia yang hidup sendiri atau tidak memiliki keluarga.[martino]
Lebih baru Lebih lama