Kapasitas dan Kualitas SDM Perlu Diprioritaskan Jemput Ibu Kota Nusantara

Kapasitas dan Kualitas SDM Perlu Diprioritaskan Jemput Ibu Kota Nusantara

SAMARINDA - Peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat diperlukan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun.

Menurutnya hal itu penting lantaran dengan SDM yang berkualitas dapat memberikan multiplier effect (efek ganda) terhadap pembangunan di daerah.

"Tentu ini tugas kita bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat, karena melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif terhadap peningkatan daya saing daerah  dalam mendukung  pembangunan Kaltim dan khususnya pembangunnan IKN," ungkapnya, (27/11/2023).

Selain itu, Politkus PDIP itu mengatakan untuk menghindari konflik sosial adanya IKN, hingga saat ini pemerintahan dan masyarakat harus menyiapkan diri untuk menyongsong kedatangan ibu kota baru dan warga lokal diminta untuk turut andil dalam melaksanakan pembangunan ke depannya.

“Suka tidak suka masyarakat Kaltim harus siap. Jangan nanti pas sudah banyak orang datang ke IKN baru teriak-teriak bahwa orang lokal tidak dilibatkan dan sebagainya padahal sebenarnya kita yang tidak melibatkan diri,” katanya.

Dengan demikian, SDM di Kaltim harus ditingkatkan karena banyaknya penduduk yang akan masuk ke wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) harus cepat direspon dan mulai dikerjakan oleh pemerintah.

“Tentu dalam konteks ini Kaltim harus siap menerima tamu-tamu yang akan datang dan melihat pembangunan IKN. Jangan sampai kita kalah bersaing, SDM kita harus ditingkatkan,” tandasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama