Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat akan Sampah, Pemcam Paringin Selatan Buat Ini

Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat akan Sampah, Pemcam Paringin Selatan Buat Ini

SALAH satu kegiatan sosialisasi tentang inovasi Markisa Dapur.| foto : istimewa

PARINGIN - Permasalahan sampah merupakan hal yang menarik untuk ulas, dari hal sekecil ini bisa berdampak besar jika tidak ada kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dan membuang pada tempatnya. Pemerintah Kecamatan Paringin Selatan meluncurkan sebuah inovasi Markisa Dapur (Mari Kelola Sampah Dapur) yang dibuat sejak 1 Juni 2022 lalu.

Disampaikan oleh Inovator Markisa Dapur, Megawati, ide awal terbentuknya inovasi ini adalah ketika melihat banyaknya tumpukan sampah serta kurangnya kesadaran masyarakat akan kepedulian atau pengelolaan sampah.

"Dari sembarangnya membuang sampah sehingga yang nantinya akan berakibat masalah besar, namun sebalik jika sampah dapat dikelola dengan baik malah akan menjadi nilai yang bermanfaat dan ekonomis," sampainya, saat dikonfirmasi melaui Whatsapp, Sabtu (4/12/2023).

Kemudian Ia juga menambahkan bahwa adanya inovasi ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Paringin Selatan dalam mengelola sampah rumah tangga.

"Tujuan kita tentunya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah," tambahnya.

Mega juga menyebut bahwa saat ini pihaknya dalam memperluas manfaat inovasi dengan cara melakukan sosialisasi serta melakukan gerakan kepedulian akan pengelolaan sampah dengan baik.

"Oleh karena kami tak ada dana untuk kegiatan jadi di sela-sela sosialisasi yang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), jadi berhubung kami yang jadi narasumber jadi disisipkan juga tentang Markisa Dapur karena memang itu juga ada kaitannya tentang sampah," katanya.

Terakhir, Mega berharap ke depannya bisa semakin menambah jejaring inovasi baik pada masyarakat, SKPD, dunia usah dan aktivis pendidikan.[martino]
Lebih baru Lebih lama