Ketua Komisi II DPRD Balangan berharap Matinya Unggas Secara Massal Tidak Terulang

Ketua Komisi II DPRD Balangan berharap Matinya Unggas Secara Massal Tidak Terulang

KOMISI II DPRD Balangan, saat rapat koordinasi bersama DKP3 setempat terkait pananganan matinya unggas secara massal.| foto : istimewa


PARINGIN - Komisi II DPRD Balangan, Nur Fariani melalui rapat koordinasi bersama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) setempat, berharap matinya unggas secara massal tidak terulang.

“Kami sungguh prihatin atas musibah matinya unggas secara massal yang merugikan peternak,” ujar Nur Fariani di Paringin Selatan, Selasa (23/1/2024).

Ia berharap musibah seperti ini tidak terjadi lagi, dan ia meminta DKP3 Balangan lebih intens menemui peternak di lapangan.

“Segala kebutuhan dan keperluan dinas segara sampaikan ke DPRD. Karena kami tidak ingin saat masalah terjadi pada peternak beralasan minim anggarannya,” tuturnya.

Sementara itu, mewakili DKP3 Balangan, drh. Ayu mengatakan fenomena unggas mati mendadak ini karena adanya perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan.

Pihaknya juga telah berusaha semaksimal mungkin menangani permasalahan tersebut. Selain itu ia juga berpendapat masih kurangnya SDM para peternak.

“Ketidak tahuan peternak juga mempengaruhi penanganan yang harus di lakukan saat unggas terserang penyakit,” kata Ayu.

Menurutnya, peternak masih banyak yang perlu pembinaan, dan pelatihan dalam menangani berbagai penyakit yang terjadi pada unggas.[martino/adv]

Lebih baru Lebih lama