Legislator Barsel ini Minta Pemda Penuhi Hak Masyarakat secara Berkeadilan

Legislator Barsel ini Minta Pemda Penuhi Hak Masyarakat secara Berkeadilan

BUNTOK –Wakil Ketua I DPRD Barito Selatan (Barse), Hj. Nyimas Artika meminta pemerintah daerah dapat memenuhi hak-hak masyarakat secara berkeadilan, khususnya pada bidang pembangunan baik di tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

"Sebab hingga saat ini masih banyak pembangunan yang belum dipenuhi, utamanya di daerah pelosok. Oleh karenanya, program pembangunan harus dicanangkan secara merata," ucap Nyimas Artika, Rabu (28/2/2024).

Melihat kondisi ketersediaan infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan, telekomunikasi, air bersih, jaringan listrik dan lain sebagainya belum mendapat keadilan pembangunan.

Lanjutnya, sangatlah memprihatinkan, mengingat hak-hak masyarakat yang utama dan yang dibutuhkan oleh mereka masih belum terpenuhi hingga saat ini.

"Banyak daerah pelosok yang belum mendapatkan keadilan, padahal itu sangat penting. Tentu sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkeadilan. Kita harus sadar, bahwa jangan sampai di Barsel ini masih ada daerah yang tertinggal. Sudah sepatutnya masyarakat harus disejahterakan secara merata dan pembangunan tidak hanya terpusat pada daerah perkotaan saja," jelasnya. 

Menurut Politisi Partai Golkar itu, pembangunan di Barsel sebenarnya sudah bagus, namun masih belum cukup berkeadilan karena banyak daerah di pelosok pedesaan yang tertinggal. Saat reses, ia melihat secara langsung ada desa yang tidak memiliki listrik serta infrastruktur yang memadai.

Ia berharap, pemda dapat mencanangkan program terstruktur dalam upaya melakukan pembangunan berkeadilan. Misalnya seperti mulai menyokong pembangunan dari bawah. Artinya dari desa ke kota dan harus menyesuaikan skala prioritas dengan mengutamakan desa yang minim perhatian.

"Terpenting lainnya juga harus disesuaikan dengan aspirasi masyarakat. Dari segi anggaran harus bisa dimaksimalkan, meski kita tahu bahwa wilayah barsel ini sangat luas dan membutuhkan waktu, maka dari itu setidaknya dapat dilakukan sesuai prioritas. Kita berharap terciptanya kemajuan bagi daerah tertinggal dan menjadikan daerah tersebut mandiri, sehingga akan lebih cepat maju," tutupnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama