Maksimalkan Potensi Usaha dan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat

Maksimalkan Potensi Usaha dan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat

BUNTOK - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel, Jarliansyah meminta pemerintah daerah setempat untuk dapat memaksimalkan potensi terciptanya usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dikatakannya, salah satu peluang pemerintah dalam menciptakan usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat yaitu dengan mengembangkan sektor pariwisata, khususnya desa wisata. 

"Dengan letak goegrafis dan keuntungan sumber daya alam (SDA), pengembangan desa wisata sangat mungkin untuk dilakukan," kata Jarliansyah, Kamis (22/2/2024). 

Menurutnya, seperti yang dilihat selama ini, masyarakat yang bermukim di pelosok desa tentunya sulit mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan ekonomi yang memadai karena berbagai keterbatasan.

Sehingga, kata dia, keberadaan desa wisata akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan penghasilan masyarakat dan terbukanya lapangan kerja baru.

Politikus PDIP ini mengatakan, dengan kehadiran desa wisata, tidak hanya dapat menguntungkan masyarakat untuk mengembangkan usaha pendukung, seperti kuliner, tour guide, atau jasa lainnya dalam rangka meningkatkan perekonomian. 

Namun, dengan kondisi ekonomi yang stabil juga mendorong desa itu sendiri untuk lebih mandiri dan mampu berkembang lebih baik.

Oleh karena itu, kata Jarliansyah, sangat diharapkan dalam pelaksanaannya, pengembangan desa wisata perlu di rencanakan dengan maksimal, dan perlu didukung oleh sinergi serta kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah desa, dan masyarakat lokal setempat.

“Bila semua itu bisa tergali secara optimal, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan progres desa wisata dipastikan berjalan sebagaimana mestinya," tutupnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama