Bupati Sayed Buka MTQ tingkat Kabupaten Kotabaru di Tanjung Selayar

Bupati Sayed Buka MTQ tingkat Kabupaten Kotabaru di Tanjung Selayar


KOTABARU - Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar Alaydrus membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Kotabaru yang ke-54. 

MTQ dilangsungkan di Lapangan Hijau Abdullah Tanjung Sungkai, Kecamatan Tanjung Selayar, Minggu (12/5/2024) dan berlangsung meriah. Acara diawali dengan penampilan tari tarian dan pembacaan ayat suci Alquran.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kotabaru Sayed menyambut baik dan bangga kepada LPTQ dan seluruh pihak penyelenggara MTQ Nasional tingkat Kabupaten Kotabaru ke-54.

"Untuk kafilah yang siap berkompetisi dan melanjutkan untuk mewakili ke tingkat yang lebih tinggi, tentu diharapkan melalui MTQ ini mampu mengunggah dan menjadi daya tarik bagi generasi muda, diruang dakwah dan syiar agama mampu menjadi daya dorong percepatan pembangunan Kabupaten Kotabaru,” ucap Sayed. 

Ia berharap kepada dewan hakim dalam pelaksanaan tugas menjunjung tinggi sportivitas dan keadilan di kompetisi ini. Melalui MTQ ini tentunya akan menjadi momen baik untuk meningkatkan daya dan dorongan kepada anak-anak kita untuk dapat membaca Alquran dengan baik.

"Saya juga ucapkan kepada Camat dan masyarakat Tanjung Selayar mengucapkan terima kasih yang telah menyumbangkan ribuan biji buah kelapa untuk dibagikan kepada para kafilah yang telah datang di Kecamatan ini,” katanya singkat.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kotabaru, H Said Akhmad yang juga sebagai Sekretaris Daerah mengatakan, pagelaran tahunan ini akhirnya dapat dilaksanakan sesuai dengan agenda di LPTQ.

"MTQ ini merupakan syiar Islam yang harus kita hidupkan ditingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten setiap tahunnya, sehingga peserta pendaftaran MTQ selalu berbeda dan tahun ini sudah dilakukan secara online dengan harapan semua cabang yang dilombakan nantinya bisa dilakukan secara online dengan menyeleksi para peserta," ucapnya. 

Sehingga nantinya bisa mewakili MTQ ke tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banjar Martapura dengan harapan dapat membawa nama baik Kotabaru nantinya untuk tahun 2025 mendatang

"Dan ini sudah ditetapkan pegelaran MTQ ke-55 di laksanakan di Kecamatan Pulau Sebuku,” ujar Ketua Umum LPTQ.

Senada dengan itu, Camat Pulau Laut Tanjung Selayar, Bahruddin S.Pd juga menyampaikan ucapan
terima kasih kepada Bupati Kotabaru yang telah menunjuk Kecamatan Tanjung Selayar menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Kotabaru ke-54 tahun 2024 ini

"Pelaksanaan MTQ ini dimulai dari tanggal 12 hingga 17 Mei 2024 dengan peserta yang mengikuti sebanyak 6000 di 22 Kecamatan,” terangnya.

Sedangkan Kepala Kementerian Agama Kotabaru Dr H Ahmad Kamal S.HI M.Ag menyambut baik dengan dilaksanakannya MTQ yang digelar di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar

"MTQ ini merupakan syiar bagi Agama Islam dan membina generasi anak-anak sehingga menjadi mahir dalam membaca Al-Qur’an," ujarnya. 

Dengan membaca Al-Qur’an, katanya, akan menjadi cahaya dalam hidup kita, MTQ ke-54 ini di ikuti oleh 22 Kecamatan dan masing-masing mengirimkan perwakilan kafilahnya untuk bertanding

Dalam hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotabaru menyerahkan sebidang tanah hibah yang terletak di Desa Lontar Timur, Kecamatan Pulau Barat yang diserahkan kepada Bupati Kotabaru untuk dijadikan sebagai Rumah Tahfiz Qur'an.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama