Dikawal Offroder, Sekda Tinjau 3 Desa Perbatasan

BATULICIN - Bersama Indonesian Offroader Federation (IOF) Tanah Bumbu, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Tanah Bumbu (Tanbu), H Rooswandi Salem meninjau tiga desa yang berada di daerah perbatasan Tanbu - Kabupaten Banjar, Jumat (19/6/2020).

Diikuti beberapa Kepala SKPD, rombongan ini menggunakan 10 mobil offroad serta diiringi 30 trail.

Rooswandi yang merupakan Ketua IOF Tanbu sendiri, bersama rombongan meninjau warga transmigrasi lokal di Desa Dadap Kecamatan Kusan Hulu. Kemudian dilanjutkan menuju Desa Temunih hingga mendirikan tenda untuk bermalam.

Selanjutnya, Sabtu (20/6/2020) pagi, rombongan offroad bergegas mengunjungi desa ketiga sekaligus terakhir, yakni Desa Batubulan.

Giat ini bertujuan untuk melihat kondisi masyarakat di wilayah perbatasan, sekaligus untuk memastikan kondisi sarana infrastruktur yang ada di desa.

Rooswandi mengatakan, kunjungan ini tak lain dalam rangka melakukan pengecekan terhadap rencana relokasi transmigrasi lokal, seiring berubahnya wilayah perbatasan di mana ada satu desa, yaitu Desa Dadap.

Di desa ini harus dilakukan relokasi, karena penduduknya masuk wilayah Kabupaten Banjar.

Karena itu, Pemkab Tanbu menyiapkan lahan baru untuk mereka tinggal di wilayah Tanbu, yaitu dengan memberikan rumah yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Desa maupun Pemkab, beserta lahan kurang lebih 2 hektare.

"Kami juga melakukan pengecekan terhadap infrastruktur yang ada di tiga desa perbatasan, karena sebagai masyarakat tentunya juga berhak menikmati fasilitas yang layak mereka dapatkan, seperti fasilitas dasar transportasi dan kebutuhan listrik," jelasnya. 

Di momen kunjungan ini, Rooswandi memantau kondisi, di mana ada 4 kilometer jalan yang harus dibenahi agar bisa tembus jalan poros utama, yaitu jalan tol Batulicin - Banjarmasin.

"Itu yang akan kita prioritaskan,” imbuhnya.

Kemudian, lanjutnya, ada beberapa titik jembatan yang juga akan dibangun dengan kualitas bisa dilalui kendaraan roda empat.

Rooswandi menambahkan, Dinas PUPR Tanbu sudah melakukan pelelangan untuk perbaikan jalan dari Desa Temunih sampai dengan Desa Batubulan.

"Di Desa Batubulan juga ada warga kami yang harus mendapatkan fasilitas infrastruktur jalan, sehingga mudah mendapatkan pelayanan serta mampu meningkatkan perekonomian mereka,” paparnya.

Pada kesempatan ini, Rooswandi didampingi Camat Kusan Hulu juga menyerahkan dana BLT kepada warga yang ada di tiga desa wilayah perbatasan.[joni]

Posting Komentar

0 Komentar