Bekali Warga Binaan, BBPP Binuang Latih Budidaya Hidroponik

PALANGKA RAYA - Masih dalam rangkaian kegiatan Pelatihan Kemandirian Bersertifikat Peningkatan Sumber Daya Binaan Pemasyarakatan Bidang Pertanian yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Bertempat di bengkel kerja Lapas Kelas IIA Palangkaraya, dengan  dibimbing oleh widyaiswara BBPP Binuang, Adi Widiyanto SP MP warga binaan yang berjumlah 40 orang dilatih dalam budidaya hidroponik. Materi budidaya hidroponik selama dua hari pada 16 dan 17 September 2020. 

Pada kesempatan tersebut peserta pelatihan yang merupakan warga binaan Lapas Kelas IIA Palangka Raya dilatih membuat instalasi hidroponik, menyiapkan media tanam hidroponik, menyiapkan larutan nutrisi, menyiapkan pembibitan (penyemaian) serta  melakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman hidroponik.

"Metode yang digunakan dalam pelatihan ini diutamakan pada praktik langsung, sehingga peserta dapat mempraktikkan cara budidaya sistem hidroponik,” jelas Adi Widiyanto. 

Peserta tampak sangat antusias terutama pada saat pembuatan instalasi hidroponik. Dengan kerja sama yang baik antar peserta, satu rangkaian instalasi hidroponik dapat diselesaikan dengan baik.

Menurutnya, tujuan dari pelatihan ini diharapkan peserta dapat membuat dan menyelesaikan sendiri satu instalasi hidroponik lagi sesuai dengan yang direncanakan dan diinginkan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan.

“Melalui kegiatan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan warga binaan khususnya dalam budidaya hidroponik, sehingga nantinya dapat menjadi bekal mereka jika sudah kembali ke masyarakat,” pungkasnya.[adi]

Posting Komentar

0 Komentar