Mengamuk di Pasar Pujon, 74 Ruko dan 2 Penginapan Dilumat Si Jago Merah

KUALA KAPUAS - Kebakaran hebat terjadi di kawasan pasar Pujon,  Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Jumat 18 September 2020 malam.

Dari video dan foto yang beredar dan tersebar di media sosial, di lokasi kejadian kobaran api membesar cepat membakar bangunan semi permanen yang rata-rata berkonstruksi bahan kayu.

Warga berusaha memadamkan kobaran api, sebagian warga lagi berhamburan menyelamatkan barang dan harta bendanya.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kapuas merilis lokasi kebakaran di komplek pasar Desa Pujon, RT 02, Kecamatan Kapuas Tengah, api mulai berkobar sekitar pukul 23.15 WIB.

"Data yang kami himpun  74 unit ruko rusak berat akibat kebakaran itu. Selain itu kebakaran menghanguskan 2 unit barak serta 2 penginapan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Sabtu (19/9/2020).

Untuk korban terdampak sebanyak 77 kepala keluarga, sedangkan penyebab pasti kebakaran kini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

"Informasi kami terima dalam kejadian itu 1 orang mengalami patah tulang paha, 2 orang mengalami luka ringan," terangnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar subuh Sabtu, 19 September 2020, pukul 03.00 WIB, pemadaman dibantu oleh Damkar dari Kota Palangkaraya, Kabupaten Barito Selatan hingga Damkar dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"BPBD Kapuas sudah berkoordinasi dengan OPD terkait, pihak kecamatan serta pihak terkait lainnya menyiapkan bantuan bagi korban terdampak," papar Sinaga.

Di lokasi kejadian saat ini, pihak kecamatan mendirikan posko informasi dan posko kesehatan bagi korban terdampak.[zulkifli]

Posting Komentar

0 Komentar