Blusukan ke Gang Kenari, Ibnu-Arifin Paparkan Rencana Perbaikan Sistem Drainase

BANJARMASIN - Kunjungan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2, Ibnu Sina - Arifin Noor di kawasan Gang Kenari Raya Kampung Melayu disambut antusias warga, Selasa (6/10/2020) sore.

Kunjungan tersebut dimanfaatkan warga untuk menyampaikan aspirasi terkait perbaikan drainase. 

"Alhamdulillah, kunjungan kami disambut hangat RW dan RT di sini, aspirasi yang kita terima ini terkait perbaikan drainase dan fasilitas publik lainnya," ujar Ibnu.

Dirinya yang maju kembali di Pilwali tahun ini pun berharap jalannya Pilkada yang berlangsung 9 Desember mendatang dapat berjalan aman dan lancar untuk menentukan Wali Kota Banjarmasin periode selanjutnya. 

Pada kesempatan sebelumnya, Ibnu Sina menjelaskan saat dirinya menjabat sebagai Walikota Banjarmasin, perbaikan drainase ini sudah diupayakan. 

Kota Banjarmasin, kata Ibnu, berada 16 sentimeter di bawah permukaan air laut, sehingga karakteristik wilayah ini perlu dipahami secara benar. 

"Ulun mengatakan tidak mudah memang tapi dapat kita lakukan dan sudah dilaksanakan upaya perbaikan drainase kita termasuk saluran air limbah dengan sistem gravitasi," terang pemenang Best of the Best Figur Walikota Terbaik Indonesia 2019 itu.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Ibnu,nantinya menggunakan sistem pompa. Untuk Kota Banjarmasin sendiri telah memiliki masterplan yang sudah dibuat untuk penanganan drainase. Tinggal menentukan titik-titik mana yang dilakukan pompanisasi. 

Secara teknis, Arifin Noor menambahkan, karakteristik wilayah Banjarmasin menjadi tantangan tersendiri untuk Kota ini. Kendati demikian grand desain drainase kota ini telah dibuat sehingga sistem pembuangan terarah dan jelas muaranya ke mana. 

"Prinsipnya mengacu pada dokumen tata ruang yang menjadi dasar kita untuk membangun seluruh infrastruktur dengan zona-zona yang sudah ditetapkan dan rekomendasi dari pihak terkait," ujar mantan Kadis PUPR Banjarmasin ini.[iqbal/rilis]

Posting Komentar

0 Komentar