Disetujui Dewan, Puskesmas Sungai Andai segera Dibangun

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin menyetujui anggaran pembangunan Puskesmas Sungai Andai. Alhasil, fasilitas kesehatan inipun dipastikan segera dibangun 2021.

“Sebelumnya pada pembahasan KUA-PPAS tidak dianggarkan, tadi setelah dilakukan pendekatan, alhamdulillah bisa diakomodir,” terang Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali, Kamis (19/11/2020).

Menurut Matnor, finalisasi Rancangan Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (RAPBD) 2021 Kota Banjarmasin kembali memasukkan rencana pembangunan Puskesmas Sungai Andai.

“Semula usulan anggaran Rp8,6 miliar dinaikkan menjadi Rp10 miliar itu diperuntukkan pembangunan fisik dan alat kesehatan,” jelas politisi Golkar ini.

Matnor mengungkapkan, selama dirinya menjabat sebagai Ketua Komisi IV yang membidangi kesehatan telah mengawal rencana ini. Sebab perencanaan pembangunan Puskesmas sudah dibahas dan dimasukkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Banjarmasin.

Bahkan, Desain Enginering Detail (DED) sudah disiapkan sejak tahun 2018, dan lahannya pun sudah disiapkan.

“Rencana membangun Puskesmas Sungai Andai ini sudah tiga tahun terlewati, insya Allah tahun 2021 sudah bisa kita bangun,” bebernya.

Selain dana anggaran pembangunan Puskesmas Sungai Andai, DPRD Banjarmasin juga menyetujui anggaran sebanyak Rp20 Miliar untuk penyelesaian pembangunan RSUD Sultan Suriansyah.

“Kita juga anggarkan Rp20 miliar untuk menyelsaikan pembangunan RS Sultan Suriansyah yang tersisa, semoga pada 2021 nanti ini semua sudah selesai dan bisa dirasakan warga Banjarmasin,” tutupnya.[toso]